Viral Bocah Perempuan Bertunangan di Sampang Madura, BKKBN Jatim Turun Tangan

Sabtu, 20 April 2024 - 08:53 WIB
loading...
Viral Bocah Perempuan Bertunangan di Sampang Madura, BKKBN Jatim Turun Tangan
Seorang bocah perempuan di bawah umur di Pulau Madura, Jawa Timur viral usai melakukan prosesi pertunangan. Foto/Tangkapan Layar
A A A
SAMPANG - Beredar seorang bocah perempuan yang melangsungkan prosesi lamaran, acara lamaran itu ternyata terjadi di Desa Darma Camplong, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Bocah perempuan tersebut masih berusia sangat dini dan masih duduk di bangku SD. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Timur mendatangi langsung pihak keluarga untuk memberikan pembinaan.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Maria Ernawati mengatakan setelah di klarifikasi di Madura ini kebanyakan ada budaya untuk mengikat melalui pertunangan walaupun masih usia dini.

”Mungkin supaya ikatan kekeluargaan besar itu tetap utuh,” kata Maria kepada iNews Media Group, Jumat (19/4/2024).



Ia menegaskan bahwa prosesi itu hanya sekedar tunangan saja bukan acara pernikahan. “Pihak keluarga menyampaikan acara tersebut hanya sebatas pemikat saja namun pernikahanya akan di dilaksanakan setelah anak ini lulus kuliah,” ucapnya.

Erna berharap kepada Pemkab Sampang untuk terus memberikan sosialisasi tentang bahayanya pernikahan dini. ”Pembinaan itu haru dilakukan baik dari sisi kesehatan anak juga dengan faktor ekonomi,” ujarnya.

Dia juga mengungkap terkait kasus stunting di mana faktor terbesar anak stunting itu karena pernikah di usia dini.“Terjadinya anak stunting itu karna kehamilan - kehamilan yang tidak diinginkan oleh anak tersebut,” tandasnya.



Sebelumnya, warganet dihebohkan dengan acara prosesi tunangan seorang bocah perempuan di pulau madura, Jawa Timur.Momen itu diunggah akun @maduratrending terlihat bocah memakai baju warna hijau memakai jilbab lengkap dengan wajah yang sudah di Meck Up.

Dalam video berdurasi 45 detik tersebut, tampak seorang bocah perempuan tengah bersalaman dengan para tamu undangan.Prosesi tunangan yang dilakukan di rumah tersebut dihadiri sejumlah tamu undangan khususnya para wanita yang tengah duduk berjejer.

Bocah Perempuan tersebut juga tampak menggunakan lipstik di bagian bibirnya selama prosesi pertunangan berlangsung.Dia juga menunjukkan perhiasan diketahui pemberian dari si laki - laki pas acara lamaran tersebut.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1565 seconds (0.1#10.140)