4 Penyebab Serangan Israel ke Iran Mengalami Kegagalan

Sabtu, 20 April 2024 - 22:22 WIB
loading...
4 Penyebab Serangan Israel ke Iran Mengalami Kegagalan
Serangan Israel ke Iran dilakukan setengah hati sehingga bisa disebut gagal total. Foto/Reuters
A A A
TEL AVIV - Serangan nyata Israel terhadap Iran setelah berhari-hari melakukan pengingkaran hanyalah hal kecil dan tampaknya disesuaikan untuk mengurangi risiko perang besar, bahkan jika fakta bahwa hal itu terjadi menghancurkan tabu serangan langsung yang dilanggar Teheran beberapa hari sebelumnya.

Kabinet perang Netanyahu pada awalnya menyetujui rencana serangan pada Senin malam di wilayah Iran untuk merespons secara paksa rudal dan drone dari Iran pada Sabtu lalu, namun menundanya pada menit-menit terakhir.

Pada saat itu, kata sumber tersebut, tiga anggota kabinet perang yang mempunyai hak suara telah mengesampingkan tanggapan yang paling drastis – serangan terhadap situs-situs strategis termasuk fasilitas nuklir Iran yang kehancurannya hampir pasti akan memicu konflik regional yang lebih luas.

4 Penyebab Serangan Israel ke Iran Mengalami Kegagalan

1. Perpecahan Kabinet PM Netanyahu

4 Penyebab Serangan Israel ke Iran Mengalami Kegagalan

Foto/Reuters

Melansir Al Arabiya, menghadapi perpecahan kabinet dan peringatan keras dari para mitra termasuk Amerika Serikat dan negara-negara Teluk untuk tidak melakukan eskalasi, dan menyadari perlunya menjaga opini internasional tetap berpihak pada Israel, rencana untuk membalas kemudian ditunda dua kali, kata sumber tersebut. Dua pertemuan kabinet perang juga ditunda dua kali.

Kantor Netanyahu tidak menanggapi permintaan komentar mengenai berita ini. Sebelum serangan itu, juru bicara Direktorat Diplomasi Publik Nasional pemerintah mengutip Netanyahu yang mengatakan Israel akan membela diri dengan cara apa pun yang dianggap tepat.

Reuters berbicara dengan belasan sumber di Israel, Iran dan kawasan Teluk, serta Amerika Serikat, yang menggambarkan upaya enam hari yang melelahkan di Teluk, Amerika Serikat dan beberapa perencana perang Israel untuk membatasi respons terhadap serangan pertama Iran. pernah melakukan serangan langsung terhadap musuh bebuyutannya setelah puluhan tahun dilanda perang bayangan.

Sebagian besar sumber meminta untuk tidak disebutkan namanya untuk berbicara tentang masalah sensitif.

Serangan terakhir pada hari Jumat tampaknya menargetkan pangkalan Angkatan Udara Iran di dekat kota Isfahan, jauh di dalam negeri dan cukup dekat dengan fasilitas nuklir untuk mengirim pesan jangkauan Israel tetapi tanpa menggunakan pesawat terbang, rudal balistik, menyerang situs strategis atau menyebabkan kerusakan besar.

Iran mengatakan sistem pertahanannya menembak jatuh tiga drone di sebuah pangkalan dekat Isfahan pada Jumat pagi. Israel tidak mengatakan apa pun tentang insiden itu. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan AS tidak terlibat dalam operasi ofensif apa pun.

Seorang pejabat Iran mengatakan kepada Reuters bahwa ada tanda-tanda bahwa drone tersebut diluncurkan dari dalam wilayah Iran oleh “penyusup”, yang dapat menghilangkan perlunya tindakan pembalasan.

2. Meluncurkan Drone dari Iran, bukan Israel

4 Penyebab Serangan Israel ke Iran Mengalami Kegagalan

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0633 seconds (0.1#10.140)