Manchester United Lolos ke Final Piala FA usai Dibikin Repot Coventry City

Senin, 22 April 2024 - 00:47 WIB
loading...
Manchester United Lolos ke Final Piala FA usai Dibikin Repot Coventry City
Manchester United Lolos ke Final Piala FA usai Dibikin Repot Coventry City. Foto: Reuters/ Andrew Couldridge
A A A
LONDON - Manchester United berhasil meraih kemenangan di babak semifinal Piala FA 2023/2024 atas Coventry City. Bermain imbang 3-3 di waktu normal, Bruno Fernandes dan kolega menang dengan skor 4-2 di babak di penalti.

Dengan hasil tersebut, Man United melenggang ke partai final. Selanjutnya mereka bersua dengan Manchester City yang melibas Chelsea dengan skor 1-0 di semifinal.

Manchester United mampu menguasai jalannya pertandingan di menit-menit awal. Alejandro Garnacho pun nyaris membuat mereka unggul pada menit kelima, tetapi dia gagal menyepak bola dengan baik dari jarak dekat sehingga tendangannya mengarah ke sisi kanan gawang.

Pada menit 18, peluang emas didapatkan oleh Setan Merah -julukan Man United- lewat Marcus Rashford. Pemain Tim Nasional Inggris itu menerima umpan jauh Casemiro dengan baik dan langsung mensontek bola ke arah gawang, namun bisa ditepis oleh Bradley Collins.

Terus menekan, akhirnya Man United berhasil memecah kebuntuan pada menit 23 via gol Scott McTominay. Gelandang asal Skotlandia itu menyambut umpan silang Diogo Dalot dengan sontekannya untuk menjebol gawang Coventry. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan tim asuhan Erik Ten Hag.

Di sisi lain, Coventry sangat kesulitan untuk mengembangkan permainan hingga menuju menit-menit akhir babak pertama. Serangan yang mereka lakukan selalu berhasil diputus Pasukan Manchester Merah sebelum masuk ke dalam kotak penalti. Sementara itu, Man United juga belum menciptakan peluang berbahaya lagi setelah unggul satu gol.

Pada menit 45+1, Man United berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat gol Harry Maguire yang menanduk bola hasil sepak pojok Bruno Fernandes. Skor tersebut pun bertahan hingga turun minum.

Man United kembali tancap gas menyerang di awal babak kedua. Pada menit 47, Bruno Fernandes nyaris menambah keunggulan mereka, tetapi tendangan placing-nya yang melengkung ke tiang jauh masih menyamping tipis di sisi kanan gawang.

Pada menit 58, Setan Merah berhasil memperlebar keunggulan mereka menjadi 3-1. Kali ini, giliran Bruno Fernandes yang mencetak gol dengan tendangan mendatarnya dari dalam kotak penalti yang berbelok arah setelah mengenai pemain lawan sehingga mengecoh Bradley Collins.

Keasyikan menyerang, Man United kebobolan pada menit 71 oleh Ellis Simms. Sang striker menyambar umpan silang Fabio Tavares dengan sebuah tendangan mendatar yang tak mampu dijangkau oleh Andre Onana. Skor berubah 1-3.

Delapan menit kemudian, The Sky Blues -julukan Coventry- berhasil memangkas ketertinggalan mereka menjadi 2-3. Sebuah tendangan keras Callum O’Hare mengenai badan Aaron Wan-Bissaka yang membuat bola berubah arah dan melambung hingga membuat Onana terdiam melihat bola masuk ke gawangnya.

Pada menit 84, Coventry kembali mengancam gawang Man United lewat tendangan voli Victor Torp. Beruntung Onana berada di posisi yang tepat sehingga bisa menepisnya dengan baik.

Petaka didapat Man United pada menit 90+3. Wasit menunjuk titik putih setelah Wan-Bissaka melakukan handball di kotak terlarang. Haji Wright yang ditunjuk sebagai algojo pun sukses melakukan tugasnya dengan baik sehingga membuat skor imbang 3-3, yang bertahan hingga babak kedua usai.

Jual beli serangan berlanjut di babak perpanjangan waktu. Pada menit 93, Man United hampir memimpin lagi tetapi tendangan keras Bruno Fernandes yang menghajar umpan tarik Amad Diallo malah membentur mistar gawang.

Pada menit 101, Coventry gantian mendapatkan peluang berbahaya. Namun sepakan melengkung O’Hare masih menyamping tipis di sisi kiri gawang. Empat menit kemudian, Setan Merah balas menyerang dengan tendangan keras Omari Forson yang bisa ditepis oleh Collins.

Pada menit pertama babak kedua perpanjangan waktu, Harry Maguire melakukan aksi individu gemilang dengan mendribble bola dari lini pertahanannya hingga ke kotak penalti lawan. Namun sayang, tendangannya mampu dihalau oleh Collins.

Sebuah serangan cepat yang dilakukan Coventry nyaris membuahkan gol pada menit 112, tetapi tendangan mendatar Haji Wright melenceng ke samping gawang meski sudah berhadapan langsung dengan Onana. Tiga menit berselang, gantian Simms melepaskan sepakan bertenaga dari jarak dekat dan membentur mistar gawang Man United.

Tepat di menit terakhir babak perpanjangan waktu, Coventry berhasil mencetak gol lewat Torp yang menyambar umpan Wright dengan sontekannya. Beruntung bagi Man United gol tersebut dianulir karena Wright offside ketika memberikan umpan. Skor 3-3 pun bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Adu Penalti

Casemiro yang ditunjuk sebagai algojo pertama Man United gagal melakukan tugasnya karena tendangannya ditepis oleh Collins. Kemudian, Coventry unggul 1-0 lewat eksekusi apik Haji Wright.

Setelah itu, dua penendang Setan Merah, Diogo Dalot dan Christian Eriksen berhasil mencetak gol. Sementara Coventry hanya mampu menambah gol lewat Torp, sedangkan O’Hare yang menjadi penendang ketiga gagal karena sepakannya dihalau Onana.

Kemudian, eksekusi Bruno Fernandes membuat Man United berbalik unggul 3-2 karena tendangan Ben Sheaf melambung ke atas mistar gawang. Kemudian, kemenangan Setan Merah dipastikan oleh Rasmus Hojlund sebagai pengeksekusi terakhir yang membuat mereka menang 4-2 di babak adu penalti.

Berikut adalah susunan pemain Coventry City vs Manchester United:

COVENTRY (4-5-1): Bradley Collins; Joel Latibeaudiere, Bobby Thomas, Liam Kitching, Jake Bidwell; Ben Sheaf, Josh Eccles, Milan van Ewijk, Haji Wrigh, Callum O’Hare; E. Simms.

Cadangan: Luis Binks, Jay Dasilva, Liam Kelly, Jamie Allen, Ben Wilson, Matt Godden, Victor Torp, Fabio Tavares, Kai Andrews.

MAN UNITED (4-5-1): Andre Onana; Diogo Dalot, Casemiro, Harry Maguire, Aaron Wan-Bissaka; Scott McTominay, Kobbie Mainoo, Alejandro Garnacho, Marcus Rashford, Bruno Fernandes; Rasmus Hojlund.

Cadangan: Altay Bayindir, Christian Eriksen, Amad Diallo, Antony, Omari Forson, Harry Amass, Habeeb Ogunneye, Louis Jackson, Ethan Joseph Wheatley.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3263 seconds (0.1#10.140)