Deretan Tim Raksasa yang Pernah Dikalahkan Timnas Korea Selatan di Piala Dunia

Rabu, 24 April 2024 - 13:03 WIB
loading...
Deretan Tim Raksasa yang Pernah Dikalahkan Timnas Korea Selatan di Piala Dunia
Timnas Korea Selatan telah dikenal sebagai salah satu raja sepak bola di Asia selain Jepang / Foto: Tangakapan Layar Youtube VintageHDtv
A A A
Timnas Korea Selatan telah dikenal sebagai salah satu raja sepak bola di Asia selain Jepang. Tak heran jika mereka selalu jadi lawan yang diperhitungkan dalam setiap kompetisi, termasuk di Piala Dunia.

Sebagai salah satu tim Asia langganan lolos kualifikasi Piala Dunia, Korea Selatan menjadi tim yang paling sering berkesempatan bertemu dengan tim-tim raksasa dari Eropa maupun Amerika Latin. Meskipun Negeri Ginseng seringkali menjadi tim yang kurang diunggulkan dalam ajang Piala Dunia, Korea Selatan justru sukses ciptakan beberapa kejutan jika bertemu dengan tim besar.

Terdapat beberapa tim besar dari Eropa yang harus mengakui kehebatan Taeguk Warriors sepanjang sejarah Piala Dunia.


Tim Raksasa yang Pernah Dikalahkan Timnas Korea Selatan

1. Portugal


Negara yang dibela mega bintang Cristiano Ronaldo ini sempat tunduk di tangan Korea Selatan pada Piala Dunia edisi 2002 dan 2022.

Pada Piala Dunia 2002 silam, Taeguk Warriors berhasil kalahkan Portugal yang masih diperkuat oleh Luis Figo dan kawan-kawan dengan skor 1-0 dalam babak penyisihan grup D.

Gol diciptakan oleh legenda Manchester United, Park Ji-sung di menit 70. Sementara Portugal harus bermain dengan 9 pemain setelah Joao Pinto dan Beto terkena kartu merah.

Korea kembali berhasil tumbangkan Portugal di Piala Dunia 2022. Selecao awalnya unggul di menit ke-5 melalui Ricardo Horta. Namun gol dari Kim Young Gwon di menit 27, dan Hwang Hee Chan di menit 91 membuat Korsel keluar sebagai pemenang dalam laga kualifikasi grup H tersebut.


2. Italia


Selanjutnya ada Italia yang ditaklukkan Korea Selatan pada babak 16 besar Piala Dunia 2002 dengan skor 2-1. Gol diciptakan oleh Christian Vieri pada menit 18, Seol Ki hyeon di menit 88, dan Jung Hwan Ahn di menit 117.

Meski mendapat kemenangan besar, laga ini dikenal oleh para pecinta sepak bola dunia sebagai pertandingan paling kontroversial. Bahkan dianggap mencoreng ajang Piala Dunia karena banyaknya keputusan wasit yang memihak Korea Selatan.

3. Spanyol


Masih dari Piala Dunia 2002, Korea Selatan juga berhasil tumbangkan Spanyol di babak perempat final. Kemenangan ini membuat Korsel untuk pertama kalinya menginjakkan kaki ke semifinal sepanjang sejarah Piala Dunia.

Dalam laga menghadapi Tim Matador, Korea Selatan mampu menang adu penalti dengan skor 3-5, setelah sebelumnya bermain imbang 0-0. Meski menang dan ciptakan sejarah baru, kontroversi Korsel di Piala Dunia 2002 tetaplah tak akan pernah dilupakan.

4. Jerman


Terakhir ada Jerman yang harus tunduk dengan skor 0-2 dari Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Ini termasuk kemenangan besar lantaran Jerman adalah tim yang sangat dijagokan dengan memegang predikat juara bertahan.

Gol Korea Selatan diciptakan oleh Kim Young Gwon menit 92, dan Son Heung Min di menit 96. Dua gol di penghujung babak kedua ini memastikan Die Mannschaft gagal lolos ke bebek 16 besar.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1033 seconds (0.1#10.140)