Spesifikasi Rudal Blue Sparrow Israel, Daya Jelajahnya Mencapai 2 Ribu Km

Kamis, 25 April 2024 - 07:04 WIB
loading...
Spesifikasi Rudal Blue Sparrow Israel, Daya Jelajahnya Mencapai 2 Ribu Km
Rudal Blue Sparrow Israel memiliki jangkauan hingga 2.000 Km dan bisa ditembakkan oleh jet tempur Israel, F-15. (Foto: Open Source Intel)
A A A
JAKARTA - Israel disinyalir melakukan serangan balasan ke Iran pada pertengahan April lalu. Beberapa buktinya terlihat dari rudal Blue Sparrow yang spesifikasinya diduga milik Israel.

Beberapa sumber media internasional menyebut serangan Israel dilakukan dengan menargetkan tujuh kota besar.

Melansir Financial Times, Kamis (25/4/2024), beredar foto-foto sisa pecahan rudal di perbatasan Iran. Sisa pecahan ini diduga rudal Blue Sparrow – air-launched ballistic missile (ALBM).

Spesifikasi Rudal Blue Sparrow Israel


Rudal Blue Sparrow ini punya kekhasan dari unit propulsi bahan bakar yang telah habis digunakan. Pihak Pentagon di Amerika Serikat juga berpendapat sama.



Menurut analis OSINT, rudal buatan Rafael Advance Defence System yang diluncurkan dari udara ini memiliki jangkauan hingga 2.000 kilometer dan bisa ditembakkan oleh jet tempur Israel, F-15 yang diisi bahan bakar di udara (air refueling) oleh pesawat tanker di wilayah udara Suriah.



Biasanya rudal Israel akan membuang unit penguat bahan bakar mereka, dan rudal udara jarak jauh selanjutnya akan melanjutkan ke sasaran di Iran. Lantaran rudal Sparrow memiliki tiga varian, antara lain versi jarak pendek Black Arrow, dan versi jarak menengah Blue dan Silver Arrow. Menurut produsennya, rudal Blue Sparrow dinilai telah berkinerja sempurna dalam misinya.

Senjata lain yang mungkin digunakan oleh Israel, yaitu rudal Rocks, sebuah rudal presisi yang diluncurkan dari udara yang mirip dengan Sparrow.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2409 seconds (0.1#10.140)