Bagaimana Skenario Lanjutan Perang Iran dan Israel?

Kamis, 25 April 2024 - 21:50 WIB
loading...
Bagaimana Skenario Lanjutan Perang Iran dan Israel?
Perang Iran dan Israel memiliki kemungknan skenario lanjutan. Foto/AP
A A A
TEHERAN - Namun, serangan berbeda karena menyerang fasilitas diplomatik – yang secara langsung menantang kedaulatan Iran – dan membunuh para pemimpin senior Korps Garda Revolusi Islam (IRGC).

Korban paling terkenal adalah Brigadir Jenderal Mohammad Reza Zahedi, seorang komandan veteran yang memimpin sayap operasi luar negeri IRGC, Pasukan Quds, di Suriah dan Lebanon.

Bagaimana Skenario Lanjutan Perang Iran dan Israel?

1. Mengonsolidasikan Kekuatan Poros Perlawanan

Bagaimana Skenario Lanjutan Perang Iran dan Israel?

Foto/AP

Melansir The New Arab, sebagai pemain utama dalam politik Timur Tengah, Iran umumnya memproyeksikan kekuatannya melalui jaringan sekutu dan kelompok non-negara yang memiliki ideologi yang selaras – sebuah jaringan yang menamakan dirinya sebagai “Poros Perlawanan”.

Kelompok-kelompok ini termasuk Houthi di Yaman, Hamas di Palestina, Hizbullah di Lebanon, dan faksi milisi Syiah seperti Kataib Hizbullah di Irak, ditambah pemerintahan Bashar al-Assad di Suriah.

Aktor-aktor tersebut berasal dari spektrum yang beragam, mulai dari loyalis dan proksi garis keras IRGC, seperti dua Hizbullah, hingga mitra dan sekutu Teheran yang otonom namun seringkali bergantung, seperti Hamas, Houthi, dan rezim al-Assad.

Secara kolektif, mereka mendapat manfaat dari dukungan Iran sementara tindakan mereka membantu Iran mempertahankan penyangkalan dan menjaga konfliknya dengan Israel, Amerika Serikat, dan negara-negara Teluk Arab seperti Arab Saudi.

Namun pada tahun 2020, Iran mengambil langkah yang tidak biasa dalam menanggapi pembunuhan pemimpin Pasukan Quds Qassem Soleimani oleh AS – yang belum pernah terjadi sebelumnya – dengan melancarkan serangan langsung terhadap pasukan AS, meluncurkan rentetan rudal balistik ke Ain al-Assad.

Tentara AS di pangkalan tersebut terluka namun tidak ada yang terbunuh, sebagian besar karena mereka telah menerima peringatan dari pemerintah Irak.

Ini adalah demonstrasi yang mengesankan dari teknologi rudal Iran, tetapi tindakan pembalasannya kurang memuaskan.

Para pemimpin Iran terus menyuarakan ancaman yang tidak jelas mengenai pembalasan tambahan di masa depan dan membantu milisi Irak mengganggu pasukan AS – dan, seiring berjalannya waktu, urgensi dari hal tersebut memudar.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0891 seconds (0.1#10.140)