Semifinal Piala Asia U-23 2024: Shin Tae-yong Selangkah Lagi Rusak Rekor Park Hang-seo

Senin, 29 April 2024 - 08:07 WIB
loading...
Semifinal Piala Asia U-23 2024: Shin Tae-yong Selangkah Lagi Rusak Rekor Park Hang-seo
Shin Tae-yong selangkah lagi merusak rekor Park Hang-seo. Ini berkaitan dengan peluang Timnas Indonesia U-23 lolos ke final Piala Asia U-23 2024 / Foto: Kolase
A A A
Shin Tae-yong selangkah lagi merusak rekor Park Hang-seo. Ini berkaitan dengan peluang Timnas Indonesia U-23 lolos ke final Piala Asia U-23 2024.

Saat ini Timnas Indonesia U-23 sudah berada di semifinal Piala Asia U-23. Uzbekistan menjadi lawan berikutnya di empat besar.

Shin Tae-yong punya peluang besar untuk merusak rekor Park Hang-seo. Mantan pelatih Vietnam itu meninggalkan banyak prestasi bersama The Golden Stars.



Yang paling menonjol ketika Vietnam berhasil menyingkirkan beberapa kandidat juara hingga akhirnya menembus final di Piala Asia U-23. Apesnya, di final Piala Asia U-23 2018, Park gagal menuliskan cerita baru dalam perjalanan sejarah sepak bola Vietnam setelah dikalahkan Uzbekistan dengan skor 1-2.

Jika mengacu pada hal itu, Shin Tae-yong hanya membutuhkan dua kemenangan lagi untuk merusak catatan Park Hang-seo. Pertama, mengantarkan Indonesia U-23 lolos ke final Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya dalam sejarah sepak bola di Tanah Air.

Kedua, membawa Indonesia U-23 ke podium tertinggi di Piala Asia U-23. Jika skenario itu berjalan sesuai rencana, ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa untuk Skuad Garuda Muda yang notabene merupakan tim debutan di turnamen dua tahunan tersebut.


Tapi satu kemenangan sebenarnya sudah cukup buat Shin Tae-yong merusak rekor Park Hang-seo. Sebab, final Piala Asia U-23 2024 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, tim yang lolos ke final secara otomatis lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Bagaimana Jika Indonesia U-23 Tersingkir?


Jika Indonesia U-23 tersingkir, Shin Tae-yong masih punya satu kesempatan untuk merusak rekor Park Hang-seo. Ini berkaitan dengan tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Ada tiga tiket dari cabang olahraga sepak bola yang secara otomatis lolos ke Olimpiade Paris 2024. Yakni juara, runner up, dan peringkat ketiga di Piala Asia U-23 2024.

Andai kalah melawan Uzbekistan U-23, Shin Tae-yong masih berpeluang mengantarkan Indonesia U-23 untuk mengunci tempat ketiga di Piala Asia U-23. Kalau pun tak mendapatkan hasil positif peluang itu masih tetap terbuka untuk tampil di pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Satu skenario yang mungkin terjadi adalah mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024 melalui jalur playoff melawan Guinea. Maka sudah tak ada lagi yang perlu diperdebatkan tentang perbandingan Shin Tae-yong vs Park Hang-seo.

Karena Shin Tae-yong bakal masuk sebagai pelatih Korea Selatan yang sukses mengantarkan Indonesia U-23 ke Olimpiade Paris 2024. Sekadar informasi, pertemuan tim peringkat keempat Piala Asia U-23 dan Piala Afrika U-23 dijadwalkan berlangsung pada 9 Mei 2024 mendatang. Meski begitu, penggemar sepak bola di Tanah Air tentunya tak ingin melihat perjuangan Skuad Garuda Muda terhenti di semifinal.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1589 seconds (0.1#10.140)