Timnas Indonesia U-23 Lampaui Target, Bung Towel: Apresiasi untuk Semua, Bukan Cuma STY

Kamis, 02 Mei 2024 - 17:01 WIB
loading...
Timnas Indonesia U-23 Lampaui Target, Bung Towel: Apresiasi untuk Semua, Bukan Cuma STY
Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. Foto: PSSI
A A A
JAKARTA - Pengamat sepak bola, Tommy Welly atau Bung Towel mengatakan tim nasional (timnas) Indonesia U-23 telah menorehkan prestasi luar biasa. Towel menilai keberhasilan Timnas Indonesia U-23 masuk ke babak semifinal pantas mendapatkan apresiasi.

"Ini luar biasa, pencapaian yang sangat hebat dan patut diapresiasi," ujar Towel di Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Towel mengatakan keberhasilan timnas U-23 melampaui target berkat upaya dari banyak pihak. Towel menyebut peran pemain, pelatih Shin Tae-yong (STY), ofisial, klub, hingga Ketua Umum PSSI Erick Thohir di balik kesuksesan tersebut.

"Apresiasi ini kita berikan untuk semua, pemain, STY, federasi, agar semuanya proporsional. Karena di balik apa yang bisa dipimpin STY, banyak para pihak terlibat dalam keberhasilan timnas U-23," ucap Towel.



Towel mencontohkan langkah Erick yang memberhentikan sementara Liga 1 merupakan bentuk dukungan penuh federasi kepada STY. Towel meyakini pemusatan pelatihan STY tidak akan berjalan maksimal jika roda kompetisi domestik tetap berjalan.

"Kalau Ketum PSSI tidak ambil mengangkat rem darurat 30 Maret dengan meliburkan sementara Liga 1, maka program persiapan TC akan sangat terganggu," sambung Towel.

Towel mengatakan PSSI menghadapi situasi yang tak mudah lantaran adanya benturan kepentingan antara timnas dan klub. Selain itu, Towel juga menyoroti kegigihan Erick dalam melobi sejumlah klub Eropa agar melepas pemainnya untuk timnas U-23.

"Situasinya pelik, tapi organisasi mengambil keputusan. Di situ ada peran dan kontribusi lain. Ada upaya Ketum lobi kepada Heerenveen untuk kembali melepas Nathan Tjoe A-Oen hingga akhir turnamen. Apresiasi ini menjadi proporsional dan sehat buat semua pihak," ucap Towel.

Oleh karena itu, Towel juga mendorong STY dan ofisial timnas berterima kasih kepada para klub Liga 1 yang telah melepas para pemain. Towel mengingatkan peran klub juga tidak bisa dikesampingkan dalam membentuk timnas yang kuat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1025 seconds (0.1#10.140)