Siap Pimpin PSSI, Cak Imin Galang Komunikasi dengan Pemilik Suara

Kamis, 24 Januari 2019 - 17:00 WIB
Siap Pimpin PSSI, Cak Imin Galang Komunikasi dengan Pemilik Suara
Siap Pimpin PSSI, Cak Imin Galang Komunikasi dengan Pemilik Suara
A A A
JAKARTA - Pernyataan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar yang menyatakan kesiapannya menjadi Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI ) mendapatkan dukungan dari Fraksi PKB DPR. Anggota Fraksi PKB DPR Mafirion menyebut, Cak Imin- sapaan akrabnya- adalah pecinta sepak bola sejati. Dunia bola, disebut Mafirion, bukan hal yang sama sekali baru bagi Cak Imin.

”Inisiasi beliaulah adanya Liga Santri Nusantara (LSN), dan terakhir Cak Imin menjadi inisiator digelarnya digelarnya Liga Pekerja 2018. Kami mendukung Cak Imin untuk maju (sebagai Ketua PSSI),” ucap Mafirion di Ruang Fraksi PKB Komplek DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Menurutnya, langkah Cak Imin yang menyatakan ketertarikannya menjadi Ketua Umum PSSI merupakan wujud kecintaan Cak Imin kepada sepak bola. ”Selama ini santri tidak pernah disentuh dengan ajang sepak bola tingkat nasional,” katanya.

Padahal, menurutnya, banyak santri yang memiliki kemampuan memadahi dalam mengolah si kulit bundar. Ajang LSN, menurutnya, membuktikan bahwa pemain hebat bisa didapatkan dari manapun, termasuk dari pesantren sekalipun. ”Itulah Cak Imin, selalu ada inisitif-inisiatif baru sehingga jika Cak Imin
memimpin PSSI akan selalu ada hal baru dan tidak monoton,” ujar legislator asal Riau ini.

Untuk mensukseskan langkah Cak Imin, Mafirion mengaku akan menjalin komunikasi dengan berbagai pihak seperti, pelatih, pemain hingga 85 pemilik suara. ”Kami ingin mendengarkan suara mereka untuk membangun sepak bola lebih baik ke depanya,” ucap mantan exco PSSI ini.

Politikus PKB lainnya yang juga mantan aktivis 98, Faishol Reza, menambahkan, sepak bola sangat dekat dengan kalangan santri. ”Cak Imin seorang santri. Secara kultural santri ini sangat dekat dengan sepak bola. Di sela-sela kesibukannya mengaji, santri mengisi waktu luangnya dengan sepak
bola,” paparnya.

Di tengah dilematik PSSI yang disinyalir dikelilingi oleh mafia, organisasi induk olah raga sepak bola itu membutuhkan pemimpin yang tidak hanya dapat memimpin sebuah organisasi, tetapi juga dapat membangun spiritualitas di dalamnya. “Sehingga kalau semua orang ngomong soal sepak bola, tidak hanya
melulu soal manajemen, skill, tapi juga spiritualitasnya harus dibangun. Diam-diam Cak Imin juga seorang pengamat sepak bola. Pada 2006, Cak Imin pernah menulis buku 'Spiritualitas Sepak Bola: Perspektif Sosio-Politik Piala Dunia' saat menanggapi Piala Dunia 2006 di Jerman,"ucap anggota Komisi XI DPR.

Dari sisi jaringan, lanjut dia, Cak Imin mempunyai jaringan yang luas. Hal ini bisa membawa Indonesia masuk dalam persepakbolaan kancah dunia. ”Dengan jaringan yang luas yang cak imin punya, kami yakin Cak Imin bisa membawa sepakbola Indonesia mendunia,” klaimnya.

Sebelumnya, Cak Imin menuliskan melalui akun Twitter-nya @cakimiNOW mengenai kesiapannya memimpin PSSI. "Saya siap memimpin PSSI, biar beres, biar berprestasi, masuk gelanggang dunia." Cuitan tersebut pun mendapatkan banyak tanggapan dari warganet. Cuitan tersebut sudah mendapatkan 1.400 retweet dan 3.170 like.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.1204 seconds (0.1#10.140)