Mantan Kapolri Jadi Penasihat Komite Adhoc Integritas PSSI

Jum'at, 01 Februari 2019 - 20:15 WIB
Mantan Kapolri Jadi Penasihat Komite Adhoc Integritas PSSI
Mantan Kapolri Jadi Penasihat Komite Adhoc Integritas PSSI
A A A
JAKARTA - Ketua Komite Adhoc Integritas PSSI Ahmad Riyadh mengumumkan anggota dan penasihat yang akan bekerja menuntaskan persoalan pengaturan hasil pertandingan atau juga manipulasi pertandingan di lingkungan PSSI. Mantan Kapolri, Jenderal Purnawirawan Badrodin Haiti, ditunjuk sebagai salah satu penasihat.

Selain Badrodin, dua penasihat lainnya adalah Noor Rochmat Jampidum Kejaksaan Agung) dan M Soleh (Guru Besar Universitas Airlangga dan Mantan Wakil Ketua MA). Sedangkan anggota nya terdiri Abdul Rohmat Budiono, Hilman, dan Daru Tri Sadono. Azwan Karim menjadi wakil ketua komite tersebut.

Seperti dilansir laman resmi PSSI, Riyadh menyebut komite ini dibentuk untuk mencegah dan memerangi pengaturan skor maupun perencanaan skor. Komite tersebut merupakan cikal bakal dibentuknya Departemen Integritas PSSI.

"Komite ini akan bekerja selama setahun karena Departemen Integritas ditargetkan bisa terbentuk pada 2020," kata kata Riyadh dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (1/2/2019). Riyadh didampingi Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

"Sesuai amanat Exco di Kongres PSSI, dalam dua pekan kami membentuk struktur keanggotaan tim Komite Adhoc Integritas. Dari nama yang ada ini, sebagian ada yang administrasi dengan instansinya masih dalam tahap surat menyurat,"

Selanjutnya komite ini akan menggelar pertemuan untuk berkoordinasi dan bersinergi dengan Satuan Tugas Anti Mafia Bola dari Kepolisian Republik Indonesia. Juga berkoordinasi dengan Kejaksaan, Kemenpora, pemerintah, dan instansi lain.

Riyadh yang pernah menjabat sebagai Komite Banding PSSI tahun 2011 menjelaskan, komisi nantinya akan membuat rekomendasi etika dalam bentuk hukum olahraga yang juga akan diserahkan ke pemerintah.

Satgas Anti Mafia Bola Polri saat ini masih mendalami empat kasus terkait pengaturan pertandingan sepak bola laporan dari masyarakat dan Komite Adhoc Integritas PSSI menghormati proses hukum tersebut dan tidak akan melakukan intervensi.

Susunan Komite Adhoc Integritas PSSI

Penasihat
Jend (Purn) Pol Badrodin Haiti
Noor Rochmat (Jampidum Kejaksaan Agung)
M Saleh (Guru Besar Universitas Airlangga dan Mantan Wakil Ketua MA)

Ketua
Ahmad Riyadh

Wakil Ketua
Azwan Karim

Anggota
Abdul Rahmat Budiono (Guru Besar Universitas Brawijaya)
Brigjen Hilman (Polri)
Daru Tri Sadono (Kejaksaan Agung)Sumber: PSSI
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4490 seconds (0.1#10.140)