Rintangan Home United Dilewati, Persija Harus Tetap Fokus

Kamis, 07 Februari 2019 - 06:46 WIB
Rintangan Home United Dilewati, Persija Harus Tetap Fokus
Rintangan Home United Dilewati, Persija Harus Tetap Fokus
A A A
JAKARTA - Euforia kemenangan atas Home United diharapkan tidak membuat kubu Persija Jakarta terlena. Sebaliknya, Macan Kemayoran harus tetap menjaga fokus mengingat mereka sudah ditunggu Newcaslte Jets pada kualifikasi kedua Liga Champions Asia (LCA).

Persija Jakarta selangkah lebih dekat dengan fase grup LCA. Menantang Home United di Stadion Jalan Besar Singapura, Ismed Sofyan dkk menang dengan skor 3-1. Hasil ini sekaligus membalas kekalahan musim lalu ketika tim berjuluk The Protectors itu menghentikan langkah tim ibu kota di babak semifinal Piala AFC zona ASEAN.

Tidak hanya itu, kemenangan ini juga menjadi modal positif Persija menatap laga selanjutnya. Anak asuh Ivan Kolev sudah ditunggu tim papan atas Australia, Newcaslte Jets. Tim yang bermarkas di McDonald Jones Stadium itu bukan klub sembarangan. Newcastle tercatat sekali menjuarai kompetisi tertinggi Australia, A-League, pada musim 2008/2009.

Musim lalu, klub yang diperkuat gelandang serang tim nasional Australia Dimitrios Pestatos dan gelandang timnas Venezuela Ronald Vargas itu menjadi runner up A-League. Catatan penting lainnya, saat ini tengah tercecer ke papan tengah liga dan bertengger di peringkat tujuh.

Winger Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, berharap tren positif ini bisa dipertahankan dan torehan kemenangan berlanjut saat tandang ke Stadion McDonald Jones pada 12 Februari. Pasalnya, Macan Kemayoran sisa dua langkah lagi sebelum menapaki fase grup LCA.

“Kemenangan ini semoga jadi awal yang bagus untuk tim kami. Semoga kemenangan ini terus berlanjut di tim kita saat menghadapi laga selanjutnya,” kata Riko.

Dalam laga ini pemain bernomor punggung 25 tersebut bermain sangat baik. Bahkan, Riko berkontribusi untuk dua gol Persija yang diciptakan Alberto Goncalves dan Marko Simic karena sukses memberikan umpan kepada dua striker tersebut.

Senada dengan striker Alberto Goncalves yang berharap hasil positif di Singapura bisa berlanjut saat tandang ke Newcastle. Pemain pinjaman dari Madura United itu menyatakan siap bermain jika kembali diberikan kepercayaan untuk berduet dengan Marko Simic di sektor penyerangan.

Menurut dia, satu gol yang disumbangkannya saat melawan Home United menjadi pelecut untuk bisa menampilkan performa lebih baik lagi pada kualifikasi babak kedua. “Saya senang bisa mencetak gol untuk Persija. Semoga saya bisa bantu Persija di pertandingan berikutnya,” ujar Beto.

Sementara itu, pelatih Ivan Kolev mengaku puas dengan penampilan anak asuhnya dalam laga yang ketat tersebut. Dia menilai pemain Persija bermain sangat kompak dan menjaga fokus di laga itu. Menurut dia, hasil buruk musim lalu ternyata tidak membebani pemain sehingga mampu bermain lepas dan meraih kemenangan.

“Saya hanya bersama tim selama tiga minggu. Tapi, saya menemukan bagaimana tim ini sudah mempunyai cara bermain yang luar biasa. Tentu kami berterima kasih kepada pemain yang tetap kompak di dalam dan di luar pertandingan. Sekali lagi tim bermain luar biasa. Kekalahan musim lalu seperti tidak membuat mereka terpengaruh,” tutur Kolev.

Dalam laga tersebut, Persija memang sempat kesulitan mengembangkan permainan pada paruh pertama. Macan Kemayoran bahkan unggul lewat gol bunuh diri Ho Wai Loon yang salah mengantisipasi tendangan bebas Fitra Ridwan pada menit ke-9. Namun, Home United bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-43.

Umpan terobosan Abdul Hameed diselesaikan dengan apik oleh Song Ui-Young untuk menyamakan kedudukan dengan skor 1-1 dan bertahan hingga turun minum. Di babak kedua, Persija mulai mengendalikan permainan dan kembali unggul lewat Alberto Goncalves. Umpan dari Riko Simanjuntak disambutnya dengan sundulan yang berbuah gol. Tak mau kalah, giliran striker Marko Simic menambah pundi-pundi gol Persija sekaligus memastikan kemenangan 3-1.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4979 seconds (0.1#10.140)