alexametrics

Motor Pembalap Ducati Dipasang Tombol Misterius, Apa Fungsinya?

loading...
Motor Pembalap Ducati Dipasang Tombol Misterius, Apa Fungsinya?
Ducati ketahuan memasang tombol misterius pada motor Desmosedici GP19 dalam uji coba pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia. Belum jelas fungsi tombol tersebut. Foto: Motorsport
A+ A-
SEPANG - Ducati ketahuan memasang tombol misterius pada motor Desmosedici GP19 dalam uji coba pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia. Belum jelas fungsi tombol tersebut.

Dalam foto-foto yang beredar, tombol misterius tersebut lebih berupa sakelar yang dipasang dekat speedometer di bagian atas garpu motor. Tim balap Ducati belum bersedia memberikan tanggapan terkait fungsi tombol tersebut.

Meski demikian, sejumlah media di Eropa mengklaim tombol tersebut sebagai holeshot yang berfungsi mengatur suspensi bagian depan motor. Dalam posisi semi-kompresi pada awal perlombaan, pengaturan itu dianggap bisa membantu rotasi pada ban depan.



Tombol misterius Ducati dipastikan bekerja secara mekanis alias dioperasikan oleh pembalap secara manual. Sebab, perubahan perangkat elektronik dilarang menurut aturan MotoGP.

Kepala teknisi Honda, Chris Pike ikut berkomentar terkait tombol misterius tersebut. Menurut Pike, Honda sudah lebih dulu menggunakan perangkat manual dalam mengatur suspensi motor.

Menurut Crash.net, tombol tersebut tidak digunakan secara intens karena pembalap mengenakan sarung tangan tebal. Tapi, apa pun itu Ducati berhasil menempatkan Danilo Petrucci itu membukukan catatan waktu tercepat 1 menit 58.239 detik di hari terakhir uji coba pramusim di Sepang.
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak