alexametrics

Liga Champions 2018/2019

UEFA Konfirmasi Penggunaan VAR di Fase Knockout Liga Champions

loading...
UEFA Konfirmasi Penggunaan VAR di Fase Knockout Liga Champions
Badan Sepak bola Eropa, UEFA mengonfirmasi penggunaan video assistant referee (VAR) di babak 16 besar Liga Champions yang akan berlangsung dini hari nanti. Foto: Telegraph
A+ A-
NYON - Badan Sepak bola Eropa, UEFA, mengonfirmasi penggunaan video assistant referee (VAR) di Liga Champions. Perangkat tersebut akan digunakan di babak 16 besar yang mulai berlangsung dini hari nanti.

Seperti kita ketahui, Liga Champions akan kembali bergulir dengan dua pertandingan menarik di babak 16 besar Rabu (13/2/2019) dini hari. Dua pertandingan akan digelar serempak; mempertemukan Manchester United kontra Paris Saint Germain (PSG) serta AS Roma kontra FC Porto.

Dalam pernyataan UEFA yang dikutip SINDOnews hari ini, perangat VAR akan digunakan wasit dalam empat situasi berbeda. Situasi tersebut adalah; gol, insiden di aera penalti, kartu merah, dan identifikasi keliru.



"VAR akan memberi tahu wasit ketika ada bukti kesalahan yang jelas dalam situasi yang mengubah pertandingan," demikian pernyataan UEFA.

Dalam pernyataan yang sama, UEFA mengatakan bahwa hasil peninjauan oleh VAR akan ditampilkan melalui layar di stadion atau melalui pengeras suara di dalam stadion. Tujuannya agar penonton juga dapat menilai keputusan yang diambil wasit.

Perangkat VAR pernah dipakai saat Piala Dunia 2018 di Rusia. Adapun liga domestik yang mulai mengadopsi VAR adalah Serie A Liga Italia.
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak