alexametrics

Liga Champions 2018/2019

Bermain Imbang, Liverpool Perpanjang Catatan Tak Terkalahkan

loading...
Bermain Imbang, Liverpool Perpanjang Catatan Tak Terkalahkan
Bermain Imbang, Liverpool Perpanjang Catatan Tak Terkalahkan
A+ A-
LIVERPOOL - Bayern Muenchen seolah menjadi ujian terberat Juergen Klopp, hingga kini menangani Liverpool. Juru taktik berusia 51 tahun tersebut kembali dibuat gigit jari usai The Reds bermain tanpa gol pada leg pertama 16 besar Liga Champions, Rabu (20/2).

Hasil imbang di Anfield Stadium mempertegas rasa penasaran Klopp yang kerap kesulitan kala bersua Bayern. Tercatat, dari 30 total pertemuan di semua kompetisi dengan Die Roten, dia baru menang sembilan kali, lima imbang dan 16 kali kalah. 29 pertemuan diantaranya terjadi dalam 14 tahun kariernya saat menangani Mainz 05 (2001-2008) dan Borussia Dortmund (2008-2015).

Itu sekaligus menjadi kedua kalinya Liverpool gagal mencetak gol di Anfield dalam 20 laga kandang terakhir Liga Champions. Sebelumnya, hasil serupa terjadi di babak 16 besar musim lalu saat berhadapan dengan FC Porto. Kendati demikian, Klopp mengatakan Liverpool sebenarnya bisa meraih hasil lebih baik karena tampil offensif dan agresif sejak awal pertandingan. Itu dibuktikan dengan 15 tembakan ke arah gawang. Lebih banyak dari Bayern (sembilan tembakan).



“Dibabak pertama, kami memiliki peluang lebih besar. Saya tidak bisa mengingat berapa peluang yang dihasilkan kedua tim dibabak kedua. Kami membuat Bayern benar-benar kesulitan. Kami memiliki 10 atau 12 situasi yang menjanjikan. Ini bukanlah malam Liga Champions yang kami inginkan,” kata Klopp dilansir bbc.

Juru taktik kelahiran Stuttgart, Jerman itu tetap mengapresiasi perjuang timnya yang telah bermain dengan kemampuan maksimal. Pasalnya, Liverpool memperpanjang catatan tak terkalahkannya di kandang melawan Bayern (14 menang, 4 imbang).

Selain itu, Klopp juga puas karena lini belakang Liverpool menorehkan clean sheet meski tidak diperkuat tiga bek andalan, Virgil Van Dijk, Dejan Lovren dan Joe Gomez. Pada pertandingan tersebut, Joel Matip dan Fabinho berduet di jantung pertahanan. Karenanya, Klopp menilai peluang The Reds pada leg kedua 16 besar yang berlangsung di Allianz Arena, 14 Maret mendatang tetap terbuka dengan catatan harus tampil lebih bagus dari segala aspek.

Hasil 1-1 sudah cukup untuk meloloskan Liverpool ke perempat final dengan keunggulan gol tandang. Kepercayaan diri semakin besar lantaran Jordan Henderson dkk didukung rekor bagus. Tercatat, Liverpool belum terkalahkan dalam empat kunjungan terakhirnya ke Jerman (dua menang, dua seri).

Tetapi sebelum itu, Klopp memiliki tugas yang tidak kalah berat. Dia harus segera mempersiapkan Liverpool jelang Bigmatch Liga Primer melawan Manchester United (MU) di Old Trafford, Minggu (24/2). “Ini bukanlah hasil yang kami impikan. Memang tidak sempurna, tetapi sudah cukup baik. Kami bisa bermain baik. Kami harus bermain lebih baik lagi di leg kedua nanti,”paparnya

Sementara dikubu lawan, Bayern melanjutkan torehan impresifnya dimana mereka belum terkalahkan di laga tandang Liga Champions sejak 2017. Die Roten menang enam kali dan imbang tiga kali. k
Pelatih Niko Kovac mengungkapkan hasil imbang sangat layak karena menganggap kekuatan kedua tim berimbang dan bermain sangat bagus di sepanjang pertandingan.

Oleh karena itu, Kovac mewanti-wanti pasukannya agar tetap waspada di leg kedua nanti. Namun, Juru taktik berusia 47 tahun tersebut mengindikasikan bahwa Bayern akan tampil jauh lebih menyerang guna mengalahkan Liverpool sekaligus memuluskan jalan menuju perempat final.

“Liverpool adalah tim bagus. Tetapi, pertahanan ketat kami begitu disiplin. Kami bermain di level tertinggi baik taktik maupun mentalitas. Kami tidak mencetak gol begitu juga mereka. Kami akan bermain di kandang pada leg kedua nanti. Jika kami kebobolan, kami harus menang,”pungkasnya
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak