Resmi, Toni Kroos Umumkan Pensiun usai Piala Eropa 2024

Rabu, 22 Mei 2024 - 06:29 WIB
loading...
Resmi, Toni Kroos Umumkan Pensiun usai Piala Eropa 2024
Resmi, Toni Kroos Umumkan Pensiun usai Piala Eropa 2024. Foto: REUTERS/Isabel Infantes/File Photo
A A A
MADRID - Gelandang Real Madrid, Toni Kroos, mengumumkan akan pensiun dari dunia sepak bola usai Piala Eropa 2024 . Ia mengaku memilih waktu yang tepat untuk gantung sepatu.

Kontrak Toni Kroos dengan Real Madrid akan habis pada akhir Juni 2024. Meski sempat dirumorkan akan memperpanjang kontraknya, gelandang berusia 34 tahun itu sudah menentukan masa depannya. Dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia, Kroos memutuskan untuk pensiun sebagai pemain sepak bola usai membela Jerman di Piala Eropa 2024.

"17 Juli 2014 adalah hari presentasi saya di Real Madrid, hari yang mengubah hidup saya. Kehidupan saya sebagai seorang pesepakbola, tetapi terutama sebagai seorang manusia. Hari itu merupakan awal dari sebuah babak baru di klub terbesar di dunia," tulis Kroos di Instagram pribadinya, Selasa (21/5/2024).


"Setelah 10 tahun, pada akhir musim ini, bab ini akan berakhir. Saya tidak akan pernah melupakan masa-masa sukses ini. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang telah menyambut saya dengan hati terbuka dan mempercayai saya. Terutama kepada para Madridista, atas kasih sayang dan cinta kalian sejak hari pertama hingga hari terakhir. Keputusan ini juga berarti bahwa karier saya sebagai pesepakbola aktif akan berakhir pada musim panas ini setelah Piala Eropa," lanjutnya.

Toni Kroos merasa telah membuat keputusan tepat untuk gantung sepatu di puncak kariernya. Fokusnya saat ini adalah membantu Real Madrid meraih gelar Liga Champions ke-15. "Seperti yang selalu saya katakan: Real Madrid adalah dan akan menjadi klub terakhir saya. Saya senang dan bangga telah menemukan waktu yang tepat untuk membuat keputusan ini dan saya bisa memilihnya sendiri. Ambisi saya adalah untuk mengakhiri karier saya di puncak performa. Mulai saat ini hanya ada satu pikiran utama: a por la 15!!! HALA MADRID Y NADA MAS!" tegasnya.

Real Madrid mengeluarkan 25 juta Euro untuk menebus Kroos dari Bayern Munchen pada Juli 2014. Bersama Real Madrid, Kroos mencetak 28 gol dan memberikan 98 assist dari 468 pertandingan di semua kompetisi. Selama berseragam El Real, Kroos menyumbangkan banyak gelar, termasuk lima Liga Champions, lima Piala Dunia Antarklub, empat Liga Spanyol, empat UEFA Super Cup, empat Piala Super Spanyol, dan satu Copa del Rey.

Sebelum benar-benar meninggalkan Real Madrid, Kroos masih memiliki satu tugas penting: membantu Real Madrid meraih gelar Liga Champions 2023/2024 dengan mengalahkan Borussia Dortmund di Wembley Stadium, Minggu (2/6/2024) mendatang.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)
pixels