Francesco Bagnaia Juara MotoGP Catalunya 2024

Minggu, 26 Mei 2024 - 19:52 WIB
loading...
Francesco Bagnaia Juara MotoGP Catalunya 2024
Francesco Bagnaia secara dramatis keluar sebagai pemenang MotoGP Catalunya 2024 / Foto: MotoGP
A A A
Francesco Bagnaia secara dramatis keluar sebagai pemenang MotoGP Catalunya 2024. Kemenangan ini diraih usai dirinya memenangkan duel melawan Jorge Martin di Sirkuit Catalunya, Minggu (26/5/2024).

Start dari posisi kedua, Francesco Bagnaia langsung tancap gas dan sukses merebut posisi pertama di Tikungan 1. Dia memimpin di depan Pedro Acosta, Jorge Martin dan Brad Binder.

Sementara Aleix Espargaro, yang mengamankan pole position, terlempar ke urutan kelima. Di barisan tengah, Marc Marquez, berhasil merangsek naik ke posisi 10 setelah memulai dari posisi 14.

Pada lap keempat, Pecco -sapaan Bagnaia- masih memimpin di posisi terdepan. Sementara Acosta turun ke tempat ketiga setelah disusul oleh Martin di trek lurus.

Bahkan, tak lama kemudian, Martinator -julukan Martin sukses menyalip Pecco di tikungan. Kedua pembalap itu dan Acosta pun terus terlibat persaingan sengit.

Sementara itu, Marquez sudah berhasil naik ke urutan delapan pada lap kelima di belakang Brad Binder, Raul Fernandez, Aleix Espargaro dan Franco Morbidelli. Lalu, The Baby Shark -julukan Acosta- mampu merebut tempat kedua dari Pecco di sektor terakhir.

Sepuluh lap balapan berjalan, Martin masih terus dibuntuti dengan ketat oleh Acosta di posisi terdepan. Bagnaia berjarak satu detik di belakang mereka dengan keunggulan cukup jauh atas Espargaro, yang baru saja naik ke posisi empat usai menyalip Binder.

Namun, nasib sial dialami oleh Acosta ketika melewatitTikungan 10. Pembalap Red Bull GASGAS Tech3 itu terjatuh dan mendarat di atas gravel, tetapi dia masih bisa melanjutkan balapan meski terpental ke barisan paling belakang.

Sepuluh lap jelang finis, Martin belum bergeser dari posisi terdepan, tetapi Pecco semakin mendekatinya dengan selisih 0,8 detik. Lalu, posisi tiga ditempati Espargaro yang terus dikejar oleh Raul Fernandez dan The Baby Alien -julukan Marquez.

Terus menekan, Pecco hanya berjarak 0,104 detik saja dari Martin saat balapan menyisakan enam lap lagi. Bahkan, akhirnya bintang Ducati Lenovo itu mampu menyalip sang rival di Tikungan 5.

Sedangkan Marquez berhasil naik ke posisi empat usai melangkahi Fernandez. Dia pun terus berusaha untuk menyalip Espargaro agar masuk ke zona podium. Usaha kerasnya baru tercapai satu lap berikutnya.

Tiga lap jelang finis, Pecco semakin menjauh dari kejaran Martin dengan keunggulan 1,1 detik. Di belakang mereka, Marquez berusaha mati-matian untuk bertahan dari serangan Espargaro.

Pecco pun terus menjaga posisinya hingga akhirnya sukses memenangkan balapan utama MotoGP Catalunya 2024 setelah kemarin terjatuh di lap terakhir saat memimpin sprint. Dia finis di depan Martin dan Marquez.
(yov)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)
pixels