Charles Leclerc Juara Formula 1 GP Monaco 2024

Senin, 27 Mei 2024 - 04:58 WIB
loading...
Charles Leclerc Juara Formula 1 GP Monaco 2024
Charles Leclerc Juara Formula 1 GP Monaco 2024. Foto: X/@leclercphotos
A A A
MONACO - Balapan Formula 1 (F1) GP Monaco 2024 telah selesai setelah 78 lap di Sirkuit Jalanan Monte Carlo, Minggu (26/5/2024) malam. Pembalap Ferrari, Charles Leclerc, berhasil keluar sebagai pemenang di kandangnya sendiri.

Ini menjadi kali pertama Leclerc memenangkan balapan F1 di negaranya sendiri. Sebelumnya, dalam tujuh balapan di F1 dan F2, dia lima kali gagal finis hingga kemudian berakhir di posisi empat dan enam dalam dua edisi terakhir.

Podium kedua dan ketiga masing-masing diamankan oleh pembalap McLaren, Oscar Piastri, dan Carlos Sainz Jr. dari Ferrari. Sedangkan pemimpin klasemen sekaligus juara bertahan, Max Verstappen dari Red Bull, hanya finis di posisi keenam.

Baru beberapa saat setelah balapan dimulai, terjadi kecelakaan parah yang melibatkan beberapa pembalap. Yang paling parah menimpa Sergio Perez dan dua pembalap Haas, Kevin Magnussen dan Nico Hulkenberg.

Insiden tersebut menyebabkan mobil Red Bull milik Perez rusak parah. Bendera merah pun dikibarkan untuk menghentikan balapan karena mobil-mobil yang terlibat kecelakaan perlu dievakuasi menggunakan crane.

Setelah ditunda selama sekitar 40 menit, balapan F1 GP Monaco 2024 kembali dimulai. Dua pembalap Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz, berada di barisan terdepan, mengapit Lando Norris dari McLaren.

Leclerc terus memimpin pada lap 13 dengan keunggulan 0,361 detik atas Piastri. Sementara Max Verstappen tertahan di urutan keenam di belakang Sainz, Norris, dan George Russell. Sang juara bertahan persis berada di depan Lewis Hamilton.

Menginjak lap 25, Leclerc belum tergeser dari posisi terdepan. Piastri dan Sainz masih berusaha keras untuk mendekatinya. Norris dan Russell menduduki posisi keempat dan kelima, sementara Verstappen terus diburu oleh Hamilton yang berusaha mencari celah dari belakangnya.

Memasuki lap 37, Leclerc masih nyaman memimpin balapan di depan Piastri dan Sainz. Posisi para pembalap di belakang mereka sampai urutan ketujuh tidak berubah.

Pada lap 48, Leclerc masih tak terkejar oleh Piastri. Mereka memimpin di depan Sainz, Norris, Russell, Verstappen, dan Hamilton.

Sepuluh lap kemudian, Leclerc unggul 1,5 detik atas Piastri di posisi terdepan. Sainz berada 4,1 detik di belakang mereka. Verstappen memacu mobilnya lebih kencang dan semakin mendekati Russell untuk memperebutkan tempat kelima.

Sepuluh lap jelang finis, Leclerc kembali menjauh dari kejaran Piastri dengan keunggulan 2,6 detik. Sainz, Norris, Russell, Verstappen, dan Hamilton masih tidak berubah posisinya di urutan tiga hingga tujuh.

Leclerc berhasil menjaga posisinya hingga mengakhiri balapan sebagai pemenang di depan Piastri dan Sainz. Sedangkan Verstappen harus puas finis di urutan keenam, di belakang Norris dan Russell, serta di depan Hamilton.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)
pixels