alexametrics

Preview Persebaya vs Persib: Penentu Langkah Dua Raksasa

loading...
Preview Persebaya vs Persib: Penentu Langkah Dua Raksasa
Preview Persebaya vs Persib: Penentu Langkah Dua Raksasa/SINDONEWS
A+ A-
BANDUNG - Tumbukan dua raksasa, Persebaya Surabaya dan Persib Bandung, menghangatkan laga kedua penyisihan Grup A Piala Presiden 2019. Kemenangan dalam duel ini sangat menentukan langkah dua tim besar tersebut ke babak berikutnya.



Jika Persebaya menang, tim berjuluk Green Force tersebut melenggang ke fase selanjutnya. Karena itu, Persib mau tidak mau harus menang jika ingin meneruskan langkahnya di Piala Presiden 2019. Ezechiel N’Douassel dan kawan-kawan tak ingin mengulangi kekalahan 1-2 dari Tira Persikabo. Artinya, kemenangan menjadi harga mati yang tidak bisa ditawar.





’’Pemain selalu kerja keras dan menunjukkan kerja bagus setiap hari. Kita ingin menang untuk pertandingan ini. Saya pikir, semua pemain juga sedang mempunyai motivasi yang bagus untuk menang,” kata pelatih Persib, Miljan Radovic, seperti dikutip dari laman resmi Persib.



Menjelang laga, Radovic mendapatkan kabar baik dari dokter tim. Esteban Vizcarra dan Supardi Nasir Bujang yang sempat dibekap cedera, kemungkinan bisa tampil. Namun, Radovic masih merahasiakan komposisi pemain yang akan diturunkannya.



Satu hal yang pasti, mantan striker Maung Bandung itu mewanti-wanti anak asuhnya bermain fokus dan berkonsentrasi di sepanjang laga. Fokus tersebut sangat dibutuhkan dalam sebuah pertandingan besar. ’’Kita harus tingkatkan terus fokus untuk, termasuk lawan Persebaya. Pertandingan juga saya prediksi akan berjalan seru dan menarik,’’ katanya.



Persebaya pun mengusung tekad menang. Kemenangan 3-2 atas Perseru Serui di laga pertama menjadi modal baik untuk menambah kepercayaan diri. Sosok Djadjang Nurdjaman, mantan pelatih Persib yang saat ini mengarsiteki Persebaya, bisa menjadi modal tambahan.



’’Barangkali sesuatu yang excited menghadapi tim yang pernah saya latih, dan publik sepak bola Bandung, khusunya bobotoh. Luar biasa, saya selalu ingin menang dengan tim yang selalu saya bawa,” ujar Djanur.



Namun, Djadjang menyadari, ini akan menjadi pekerjaan yang sulit. Sebab, bagi dia Persib selalu menjadi tim yang menakutkan. Terutama karena materi pemain yang dimilikinya. ’’Semua pemain di sana (Persib) cukup berkualitas. Jadi ketika pemain ini enggak main, tim tetap sama baiknya. Jadi tetap harus kita waspadai. Termasuk Esteban (Vizcarra), dia punya kelebihan tersendiri,” tegasnya.



Persebaya ingin memanfaatkan kondisi mental skuad Persib Bandung yang tengah bermasalah. Sebaliknya, mental pemain-pemain Persebaya tengah menanjak untuk melakoni laga kedua penyisihan Grup A Piala Presiden 2019. Kendati demikian, Djanur meminta pemainnya tidak besar kepala jelang laga di Stadion Si Jalak Harupat.



Saat ini, Green Force menjadi pemuncak klasemen sementara penyisihan Grup A Piala Presiden 2019. Sementara Persib harus rela menjadi juru kunci. Mereka menelan kekalahan 1-2 di laga perdana melawan PS Tira Persikabo. Sedangkan Persebaya memetik kemenangan 3-2 dari Perseru Serui.

Hasil itu tentu memantik semangat Persib. Mereka butuh menang. Apalagi pada pertandingan, besok dua pemain Persib sudah kembali bisa dimainkan, yakni Supardi dan Esteban Vizcarra.



’’Secara materi Persib punya pemain-pemain bagus, ada (Ezechiel) N'Douassel, Esteban, Ghozali (Muharam Siregar), Hariono, Kim (Jeffrey Kurniawan). Semua sektor Persib pemainnya berkualitas,” ujar Djanur dikutip dari laman resmi Persebaya.



’’Terutama Esteban, dia punya kelebihan, meski lama absen tapi dia comeback, jadi akan kami awasi,” imbuhnya usai sesi latihan di Lapangan Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom) Cimahi.



Meski demikian, Djanur yakin para pemainnya punya sikap mental yang benar dalam menghadapi Maung Bandung. Ia percaya jika Damian Lizio dkk bisa mengatasi tekanan dari suporter tuan rumah, dimana aura pertandingan akan menjadi berbeda.



’’Pertandingan pasti ketat, meski Persib baru kalah, kami tidak menganggap sebuah keuntungan. Bisa jadi akan bangkit saat menghadapi Persebaya. Saya berharap seluruh pemain fokus dan tidak menganggap remeh lawan,” ujar Djanur.



Sementara dari sisi teknis, seluruh pemain Persebaya dalam kondisi terbaik. Meski kehilangan kapten tim Ruben Karel Sanadi, stopper Otavio Dutra, Rachmat Irianto dan Osvaldo Haay.



Djanur yakin Persebaya mampu melanjukan penampilan terbaik di ajang pramusim ini. ’’Kami maksimalkan dengan materi yang ada, kemungkinan (kualitas) tidak terlalu jauh,” terang pelatih asal Majalengka itu.



Dia juga menyatakan jika bek sekaligus kapten timnas Indonesia, Hansamu Yama Pranata bisa diturunkan untuk pertandingan bergengsi ini. Sebelumnya pemain berusia 24 tahun itu absen lima hari karena melangsungkan akad pernikahan. ’’Saya rasa peluangnya untuk turun cukup besar. (Kehadirannya) bisa membuat permainan setiap individu berpengaruh,” kata Djanur
(aww)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak