alexametrics

Statistik Dembele dan Neymar Jr, Siapa yang Lebih Hebat?

loading...
Statistik Dembele dan Neymar Jr, Siapa yang Lebih Hebat?
Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu pernah mengatakan Ousmane Dembele merupakan pemain yang jauh lebih baik ketimbang Neymar / Istimewa
A+ A-
BARCELONA - Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu pernah mengatakan Ousmane Dembele merupakan pemain yang jauh lebih baik ketimbang Neymar. Lantas bagaimana statistik kedua pemain ini di musim ini?

Pada bursa transfer musim panas 2017 lalu. Penikmat sepak bola di seluruh dunia dikejutkan dengan penjualan Neymar Jr dari Barcelona ke Paris Saint Germain (PSG) seharga 222 juta euro atau sekira Rp3 triliun lebih.

Dana sebesar itu digunakan Barcelona untuk membeli Dembele dari Borussia Dortmund seharga 147 juta euro (Rp2,3 triliun). Karier pemain muda asal Prancis di Camp Nou tidak terlalu bagus di musim debutnya lantaran mengalami cedera.



Kritikan pedas pun bermunculan terkait keputusan Barcelona merekrut Dembele. Seiring waktu, pemain bernomor punggung 11 itu memainkan peran yang jauh lebih besar bersama klub.

Selama bermain di semua kompetisi musim ini, Dembele telah menghasilkan 13 gol dan lima assist. Jika dibandingkan dengan musim terakhir Neymar Jr di Barcelona, Dembele bisa dikatakan lebih baik ketimbang kapten Brasil tersebut.

Pasalnya, Neymar Jr mampu mencetak 13 gol dalam 30 penampilannya bersama Barcelona. Dia rata-rata satu gol setiap 204 menit, sementara di semua kompetisi ia mencetak 20 gol dari 45 penampilan dengan rata-rata satu setiap 198,6 menit.

Perhitungan itu masih kalah dengan Dembele. Dia diketahui telah mencetak delapan gol dari 23 penampilan La Liga sejauh musim ini, rata-rata 166,8 menit per gol. Secara total, ia memiliki 13 gol dari 33 penampilan musim ini, yang sedikit meningkatkan rata-rata gol per menitnya menjadi 164,6.

Dalam kedua hal tersebut, Dembele mencetak lebih banyak dari yang Neymar lakukan di musim terakhirnya di klub. Keberhasilan Dembele tak lepas dari kecerdikan pelatih Ernesto Valverde

Keputusan Valverde untuk kembali menggunakan formasi klasik 4-3-3 membuat Dembele lebih baik dalam memberikan kontribusi. Di bawah instruksi sang pelatih pula, pemain berusia 21 tahun itu lebih banyak bermain dalam posisi yang sama dengan Neymar.

Musim ini, Dembele lebih banyak bermain di posisi winger kiri (14) ketimbang kanan (4). Sebenarnya masih banyak perbedaan antara Dembele dengan Neymar Jr.

Berikut Statistik Ousmane Dembele dan Neymar Jr (musim terakhir) di Barcelona:

Assist

Dembele

2018/2019
Dembele tertinggal dalam hal ini, karena ia baru menyumbangkan delapan assist dari 33 penampilan di semua kompetisi. Di semua kompetisi, Dembele rata-rata membantu setiap 267,5 menit sekali.

Neymar Jr

2016/2017:
15 kali assist di Liga Spanyol
Delapan assist di Liga Champions
Secara keseluruhan, Neymar Jr memberikan assist setiap 152 menit, dengan total 26.

Tendangan ke Arah Gawang Lawan

2018/2019
Dembele rata-rata menghasilkan 1,5 tembakan per pertandingan di La Liga musim ini
Tiga tembakan per pertandingan di Liga Champions.

2016/2017
Neymar rata-rata tembakan lebih banyak (3,5%) ketimbang di Liga Champions (2,2%)
(sha)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak