Charlie Whiting, Tokoh Ikonik di Formula 1

Kamis, 14 Maret 2019 - 16:12 WIB
Charlie Whiting, Tokoh Ikonik di Formula 1
Charlie Whiting, Tokoh Ikonik di Formula 1
A A A
MELBOURNE - Pembalap aktif maupun yang telah pensiun dari ajang Formula 1 menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Charlie Whiting. Direktur balap FIA meninggal dunia pada usia 66 tahun, akibat penyakit emboli paru-paru, Kamis (14/3/2019) pagi waktu setempat.

Charlie Whiting dianggap sebagai salah satu orang berpengaruh terhadap kemajuan dunia balap jet darat. Kepergiannya untuk selamanya pastinya akan meninggalkan lubang pada tubuh FIA mengingat ia sudah dikenal sebagai tokoh sentral selama 40 tahun.

Sebagai direktur F1 FIA, Whiting adalah orang yang tepat untuk semua aspek olahraga. Ini tak lepas dari keterlibatannya dalam segala hal, mulai dari keselamatan, aturan teknis, sertifikasi sirkuit, memimpin briefing pembalap, dan menulis aturan sendiri. Uniknya, ia melakukan semua ini dengan sentuhan ringan.

Karena dalam setiap pendekatan yang dilakukan Whiting, ia selalu menghadirkan rasa humor. Di luar itu, dia melakukan salah satu pekerjaan paling sulit di F1. (Baca juga: Charlie Whiting Meninggal Dunia )

Semasa hidupnya, Whiting menggabungkan energi tak terpadamkan. Sesuatu yang dekat dengan gila kerja dan cara mudah untuk menjalankan olahraga paling kompleks dengan cara memastikan kontroversi yang tak terhindarkan, selalu ditangani dengan cara yang menghindari dendam.

Dari sudut pandang FIA, Whiting akan sangat sulit untuk digantikan. Situasi ini sama seperti Bernie Ecclestone. Terlepas dari hal itu, para pembalap yang masih aktif, pensiun, hingga bos Formula 1 mengaku sangat kehilangan sosok legendaris tersebut.

Berikut Rangkuman Ungkapan Belasungkawa:

1. Lewis Hamilton
"Apa yang dia (Charlie Whiting) lakukan untuk olahraga ini, komitmennya, dan dia benar-benar pilar. Sosok yang sangat ikonik dan dia berkontribusi begitu banyak."

2. Sebastian Vettel
"Saya berjalan di trek untuk beberapa tikungan pertama bersamanya. Sulit untuk dipahami ketika seseorang tidak ada lagi di sana."

3. Robert Kubica
"Ini adalah saat yang sulit. Saya melihat Seb berjalan dengan Charlie kemarin dan berpikir saya tidak akan mengganggu mereka. Dia adalah semacam ikon F1, tetapi tidak hanya F1. Dia adalah pembalap , menjaga semua yang ada dalam peraturan. Dia adalah tipe orang di mana Anda selalu bisa percaya dan berkomitmen."

4. Daniel Ricciardo
"Dia ada di sana untuk kita dan kita memberinya kesulitan, kita benar-benar menekannya dan mendorongnya dan membuatnya bekerja, tetapi dia selalu benar-benar reseptif, kau selalu merasa seperti berada di pihak kita. Waktu berjalan cepat dan penting untuk menghargainya. Kita semua akan berlomba dengan penuh semangat akhir pekan ini dan itu hanya pengingat kita semua sangat beruntung berada di posisi ini."

5. Bos tim Mercedes, Toto Wolff
"Duta besar yang fantastis untuk olahraga kami dan penjaga sejati dari kepentingan terbaiknya."

6. Tim McLaren
"Semua di McLaren terkejut dan sangat sedih mendengar berita kematian Charlie Whiting. Charlie akan dikenang sebagai salah satu raksasa olahraga kami, serta kolega hebat."

7. Bos Tim Red Bull Racing, Christian Horner
"Charlie telah memainkan peran kunci dalam olahraga ini dan telah menjadi wasit dan pengisi suara sebagai direktur balapan selama bertahun-tahun. Dia adalah pria dengan integritas besar yang melakukan peran yang sulit secara seimbang. Charlie adalah pria hebat yang akan sangat dirindukan oleh seluruh paddock Formula 1 dan komunitas motorsport yang lebih luas."
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5167 seconds (0.1#10.140)