PSSI Tanggapi Opini Timnas Indonesia Diisi 60 Persen Pemain Lokal

Rabu, 05 Juni 2024 - 18:08 WIB
loading...
PSSI Tanggapi Opini Timnas Indonesia Diisi 60 Persen Pemain Lokal
Ketua Umum PSSI Erick Thohir menanggapi opini Timnas Indonesia harus diisi 60 persen pemain lokal / Foto: Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menanggapi opini Timnas Indonesia harus diisi 60 persen pemain lokal. Dia tak menyalahkan pernyataan anggota Komisi X DPR RI Putra Nababan saat rapat kerja bersama Kemenpora dan PSSI terkait naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven, Senin (3/6/2024).

Saat itu, Putra Nababan mengeluarkan pernyataan bahwa para pemain lokal harus mendominasi di Timnas Indonesia. Menurutnya, komposisi skuad Timnas Indonesia harus diisi 60 persen pemain lokal, dan 40 persen pemain naturalisasi.

Namun demikian, pria berusia 54 tahun itu mengingatkan bahwa pemain naturalisasi bermain sepenuhnya untuk kepentingan Timnas Indonesia. "Ya kan opini itu sah. Pak Putra Nababan saya kenal baik dia juga tokoh nasional. Nah itulah yang kita perbaiki sekarang kan nasionalisasi itu adalah pemain berdarah Indonesia," kata Erick, Jakarta pada Rabu (5/6/2024).



"Nah mungkin banyak teman-teman yang terpersepsikan seakan-akan nasionalisasi kita seperti yang lalu-lalu. Tidak salah, Ada pemain U-17 kita, U-20 kita, kemarin bapak ibunya orang Afrika, Sudan. Bapak ibunya Sudan lahir di sini. Punya KTP, dia orang apa ya?," sambungnya.

"Ya orang kita udah lahir di sini gimana ya kan. Nah jadi kita juga mesti membuka wacana bahwa olahraga ini makin global ya tetapi kita punya strategi besar bahwa namanya naturalisasi adalah pemain berdarah Indonesia ya dan kepentingan tim nasional, bukan klub," tambah Erick.

Menurut Erick, naturalisasi pemain saat ini berbeda dengan masa lampau. Dia menegaskan, para pemain yang dinaturalisasi saat ini harus memprioritaskan Timnas Indonesia ketimbang klubnya.



"Dulu naturalisasi banyak kepentingan klub begitu dinaturalisasi, dipakai tim nasional, ogah-ogahan, gitu kan. Tetapi main di klub seger, dan kualitasnya, tidak standar tim nasional, nah ini gak bisa. Memang sepak bola ini rumit, perlu diperbaiki gitu," jelasnya.

Di sisi lain, Timnas Indonesia saat ini sedang bersiap untuk berhadapan dengan Irak dalam lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pertandingan itu akan berlangsung di SUGBK, Jakarta pada Kamis (6/6/2024) mendatang.
(yov)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)
pixels