Beda Jauh! Ini Perbandingan Ranking FIFA Timnas Indonesia vs Irak

Kamis, 06 Juni 2024 - 05:05 WIB
loading...
Beda Jauh! Ini Perbandingan Ranking FIFA Timnas Indonesia vs Irak
Rafael Struick berebut bola dengan Natiq Naji di laga Indonesia vs Irak di Grup D Piala Asia 2023, Senin (15/01/2024). Foto: AP Photo
A A A
JAKARTA - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong (STY) tak mempermasalahkan ranking FIFA Skuad Garuda ketinggalan jauh dari Irak. Pelatih asal Korea Selatan itu percaya diri timnya sudah berkembang dan punya cara tersendiri untuk meraih kemenangan.

Timnas Indonesia akan berjumpa dengan Irak di laga kelima Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pertandingan tersebut akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Kamis (6/6/2024) besok.

Jika menilik ranking FIFA, posisi Timnas Indonesia jauh di bawah Irak. Skuad Garuda saat ini menempati ranking 134, sedangkan Singa Mesopotamia -julukan Timnas Irak- berada di peringkat ke-58.



Ketimpangan ranking itu nyatanya tidak menjadi masalah untuk Shin Tae-yong. Juru taktik berusia 53 tahun itu menegaskan, Timnas Indonesia punya cara tersendiri untuk meraih kemenangan di laga mendatang.

“Memang beda jauh secara FIFA ranking tetapi saya tetap memotivasi para pemain agar bisa tampil percaya diri karena kami sudah kompak dan kami levelnya sudah semakin meningkat,” kata Shin dalam konferensi pers menjelang bersua dengan Irak, Rabu (5/6/2024).

“Jelas kita semakin baik secara performa. Memang sempat dibicarakan juga bahwa kita tidak ada yang tahu hasil pertandingan besok akan seperti apa. Namun, saya pikir ini ajang buat kita bisa membawa hasil yang baik,” sambungnya.

Lebih lanjut, Shin mengingatkan kepada para pemainnya untuk tak memedulikan ketimpangan ranking itu. Menurutnya, Jordi Amat dan kolega harus menikmati momentum positif ini untuk mengalahkan Irak.

“Dari sekarang, para pemain harus enjoy dan menikmati saja pertandingan besok melawan Irak ketimbang takut. Kita pasti bisa menunjukkan bahwa peringkat di FIFA ranking itu hanya sebatas angka, bukan yang lain,” tukasnya.

Sekadar diketahui, Timnas Indonesia saat ini merupakan tim yang mengalami peningkatan paling baik di ranking FIFA. Tim besutan Shin Tae-yong itu tercatat naik delapan tingkat setelah meraih hasil positif di beberapa laga, salah satunya adalah mengalahkan Vietnam dua kali di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)
pixels