alexametrics

Ratusan Karateka Berebut Tempat di Timnas SEA Games 2019

loading...
Ratusan Karateka Berebut Tempat di Timnas SEA Games 2019
Ratusan karateka berebut tempat untuk menjadi anggota tim nasional guna tampil di SEA Games 2019. Foto: IST
A+ A-
JAKARTA - Ratusan karateka berebut tempat untuk menjadi anggota tim nasional guna tampil di SEA Games 2019. Sebanyak 320 karateka dari 36 tim di Indonesia ini turun dalam seleksi yang bertajuk Seleksi Nasional (Seleknas) Karate Senior bertajuk Rimbawan Indonesia Karate-Do Championship di Auditorium Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, 28-29 Maret.

Ajang yang digelar PB Forki ini mempertandingkan 15 nomor. Nomor tersebut terdiri dari empat nomor kata putra dan putri baik beregu maupun perseorangan.

Sementara 11 nomor lainnya adalah nomor kumite perseorangan putra dan putri, yaitu kumite -55 kg putra, -60 kg putra, -67 kg putra, -75 kg putra, -84 kg putra, +84 kg putra, serta kumite -50 kg putri, 55 kg putri, -61 kg putri, -68 kg putri, dan +68 kg putri).



Menurut Ketua Panitia Yusran Arief, sasaran utama program seleknas ini adalah pembentukan tim nasional karate untuk SEA Games 2019 Filipina. Namun, ini bukan satu-satunya seleksi karena masih ada beberapa event lain yang akan menjadi ajang seleksi pembentukan timnas karate.

“Khusus ajang seleksi ini, kami akan mencari atlet-atlet senior potensial yang bakal diproyeksikan untuk Kejuaraan SEAKF dan AKF 2019,” ujar Yusran.

Seperti diketahui, bulan depan ada dua event internasional yang akan diikuti tim karate Indonesia. Kedua event itu adalah Kejuaraan Karate Asia Tenggara (SEAKF) di Thailand pada 12-14 April, dan Kejuaraan Karate Asia (AKF) di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia, pada 26-28 April. Karena itu, hasil Seleknas Karateka Senior kali ini akan menjadi acuan keikutsertaan Indonesia di Thailand dan Malaysia.

Sementara itu penasihat PB Forki, Siti Nurbaya Bakar yang membuka seleknas ini memberikan apresiasinya.

"Event ini sangat bagus karena akan melahirkan karateka berkualitas. Saya pikir kunci menghadapi persaingan adalah dengan meningkatkan keunggulan SDM-nya. Kita harus membangun sumber daya manusia yang tinggi," ujar Siti.

Yang jelas, ajang Seleknas Karate Senior ini juga menjadi event nasional pertama di bawah pimpinan Ketua Umum PB Forki yang baru, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Hadi terpilih secara aklamasi dalam Kongres Forki di Jakarta, 15-16 Februari lalu.

Di bawah kendalinya, Hadi ingin Forki bisa terus menjaga dan meningkatkan prestasinya. Bahkan, selain memburu sukses di SEA Games 2019 Filipina, Panglima TNI ini juga berharap Merah Putih bisa berkibar di Olimpiade 2020 Tokyo.

Karena itu, demi merebut prestasi terbaik karate di masa depan, Hadi mendudukkan orang-orang terbaik di kepengurusannya. Di antaranya, Wakil Ketua Umum I Letjen TNI Besar Harto Karyawan, Waketum II Irjen Pol Ilham Salahudin, dan Sekjen PB Forki Raja Sapta Ervian.
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak