Masa Depan Oleksandr Usyk, Pensiun atau Turun ke Kelas Penjelajah

Kamis, 06 Juni 2024 - 20:05 WIB
loading...
Masa Depan Oleksandr Usyk, Pensiun atau Turun ke Kelas Penjelajah
Oleksandr Usyk belum lama ini baru saja dinobatkan sebagai juara kelas berat tak terbantahkan pertama sejak 1999 ketika ia mengalahkan Tyson Fury dengan kemenangan angka / Foto: Boxingnews
A A A
Oleksandr Usyk belum lama ini baru saja dinobatkan sebagai juara kelas berat tak terbantahkan pertama sejak 1999 ketika ia mengalahkan Tyson Fury dengan kemenangan angka. Kemenangan tersebut membuatnya mengikuti jejak Evander Holyfield yang menjadi tak terbantahkan di kelas penjelajah dan kelas berat.

Usyk juga bergabung dengan Terence Crawford dan Naoya Inoue untuk menjadi juara dua kelas berat yang tak terbantahkan di era empat sabuk. Di tengah keberhasilan itu, ada tanda tanya besar apakah petinju Ukraina itu mampu menangani divisi kelas berat?

Usyk sebenarnya sudah membuktikannya dengan mengalahkan Anthony Joshua serta Fury. Yang menjadi menarik adalah saat tampil di kelas berat, dia terpaksa mengorbankan strateginya.



Salah satu pengorbanan Usyk adalah ia harus mengorbankan beberapa atribut terbaiknya, seperti kecepatan, untuk mengakomodasi bobotnya. Namun, dia berhasil melakukannya, sehingga dia bisa melelahkan lawan-lawannya dan mengalahkan mereka di akhir pertarungan.

Lantas bagaimana masa depan Usyk selanjutnya? Pertanyaan inilah yang sekarang memenuhi isi kepala penggemar tinju di seluruh dunia.

Jika Usyk menang melawan Fury pada pertarungan keduanya, dia secara meyakinkan akan mengalahkan petinju terbaik di masanya sebanyak dua kali. Sudah ada saran agar Usyk pensiun setelah mengalahkan Raja Gipsi. Ada juga prediksi yang muncul jika dia akan Kembali ke kelas penjelajah.



"Oleksandr Usyk telah menyatakan bahwa dia mempertimbangkan untuk kembali turun ke kelas penjelajah setelah pertandingan ulang Tyson Fury sehingga dia dapat berusaha menjadi juara dunia kelas penjelajah WBA, WBC, IBF & WBO yang tak terbantahkan untuk kedua kalinya," kata Michael Benson, yang merupakan seorang jurnalis di olahraga tinju dikutip dari akun X pribadinya (@MichaelBensonn), Kamis (6/6/2024).

Sementara tu, Derek Chisora menuturkan Usyk tak perlu repot-repot melakukan pertandingan ulang karena hal yang tidak perlu dipersoalkan sudah selesai. "Saya mendengar rumor, saya akan tetap memulai rumor ini. Oleksandr turun ke kelas penjelajah. Itulah rumor yang beredar saat ini," kata petinju kelas berat tersebut.

Tantangan Usyk

Jika Usyk melakukan hal tersebut, ia akan menjadi bahaya dalam divisinya. Juara divisi saat ini tidak berada pada level yang sama dengan pemain Ukraina itu. Chris Billam-Smith memegang gelar WBO dan telah dikalahkan. Sedangkan IBF dipegang oleh Jai Opetaia.

Opetaia adalah petinju terampil tetapi berjuang melawan Mairis Briedis dalam pertarungan terakhirnya. Dmitry Bivol telah mengalahkan Juara WBA Gilberto Ramirez, sedangkan Juara WBC Norair Mikaeljan mengalami dua kekalahan.

Namun semua rencana ini bergantung pada seberapa baik kinerja Usyk di tahap akhir kariernya. Apalagi saat ini dia berusia 37 tahun dan berada di akhir kariernya.
(yov)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)
pixels