Wasit Kontroversial Danny Makkelie Pimpin Final Liga Europa

Kamis, 20 Agustus 2020 - 23:59 WIB
loading...
Wasit Kontroversial Danny Makkelie Pimpin Final Liga Europa
Wasit Kontroversial Danny Makkelie Pimpin Final Liga Europa. Foto: IST
A A A
DUSSELDORF - Wasit asal Belanda, Danny Makkelie, akan memimpin laga Inter Milan kontra Sevilla di final Liga Europa 2019/2020. Makkelie dianggap sebagai sosok wasit yang cukup kontroversial.

Danny Makkelie sempat jadi buah bibir di final Piala Dunia 2018 saat Prancis berhadapan dengan Kroasia. Ia saat itu memberikan penalti penuh kontroversial untuk Prancis. Saat itu, pria Belanda itu menjadi wasit Video Assistant (VAR). (Lihat Grafis: Waspada Berolahraga di Tengah Wabah )

Makkelie saat itu memberikan masukan kepada wasit utama Nestor Pitana untuk memberikan Prancis hadiah penalti. Pitana sendiri berkali-kali harus melihat tayangan VAR sebelum akhirnya mengiyakan rekomendasi dari Makkelie.

Ketika bola hasil tendangan Samuel Umtiti membentur tangan kiri Perisic di kotak penalti Kroasia, Pitana tak memberikan penalti. Tetapi setelah rekaman VAR, ia mengubah keputusan dan menghukum Kroasia dengan penalti.

Beberapa pihak pun menuding Makkelie sebagai wasit yang tak jujur. Saat ia memimpin laga semifinal Lyon vs Manchester City, bekas wasit Belanda, Dick Jol, juga tak setuju apabila Makkelie menjadi wasit.

Bedanya, pada saat itu Dick Jol khawatir keputusan Makkelie di lapangan bakal berat sebelah. Pasalnya, klub Eredivisie, Ajax Amsterdam, sebagai wakil Belanda di Liga Champions musim depan akan langsung lolos ke fase grup jika City menyingkirkan Lyon.

Terlepas dari semua kontroversi tersebut, Danny Makkelie adalah wasit dengan jam terbang yang cukup tinggi di Eropa. Selama berkarier sebagai seorang wasit, mantan perwira Polisi ini tercatat telah mengeluarkan 107 kartu kuning dan 10 kartu merah. (Baca Juga: AS Roma Punya Pengalaman Buruk dengan Wasit Danny Makkelie )
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.1021 seconds (0.1#10.140)