Timnas Indonesia Tatap Sejarah Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Senin, 10 Juni 2024 - 11:01 WIB
loading...
Timnas Indonesia Tatap Sejarah Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026
Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Foto: MPI/Aldhi Chandra
A A A
KUALA LUMPUR - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menyoroti langkah Timnas Indonesia yang sedang mengejar sejarah. AFC memasukkan Timnas Indonesia dalam daftar tim yang berpeluang mencetak sejarah di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia saat ini selangkah lagi mencetak sejarah masuk ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Tim besutan Shin Tae-yong akan menjalani laga terakhir putaran kedua melawan Filipina pada Selasa (11/6/2024).

Jika menang, Skuad Garuda dipastikan akan mengunci tiket putaran ketiga. Saat ini, Timnas Indonesia berada di peringkat kedua Grup F dengan koleksi tujuh poin, unggul satu angka dari Vietnam.

AFC menyertakan Timnas Indonesia dalam daftar tim yang berpotensi besar mencetak sejarah. Menurut AFC, ini akan menjadi pencapaian terbesar Skuad Garuda meskipun pernah tampil di Piala Dunia menggunakan nama Hindia Belanda.

“Lima tim akan bersaing untuk lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia FIFA untuk pertama kalinya. India dan Afghanistan (keduanya Grup A), Republik Kyrgyzstan dan Malaysia (Grup D) dan Indonesia (Grup F),” tulis AFC di laman resminya pada Senin (10/6/2024).

“Meskipun Indonesia (saat itu dikenal sebagai Hindia Belanda) bermain di Piala Dunia FIFA 1938, mereka belum pernah tampil di babak ketiga kualifikasi dalam format saat ini,” sambung tulisan tersebut.

Timnas Indonesia memang belum pernah melangkah ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia. Pencapaian terbaik Skuad Garuda adalah lolos ke putaran kedua seperti tahun 1986 dan saat ini.

Jika lolos, pasukan Shin Tae-yong akan bermain di putaran ketiga yang menggunakan format grup dengan 18 tim. Setiap grup akan diisi oleh enam tim, dengan dua tim teratas dipastikan lolos ke Piala Dunia 2026.

Sementara, dua tim peringkat tiga dan empat akan kembali diadu di putaran keempat fase kualifikasi. Sedangkan dua tim terbawah dipastikan tersingkir dari Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Piala Dunia 2026 akan berlangsung di tiga negara, yakni Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Turnamen sepak bola paling bergengsi itu akan dimulai pada 11 Juni hingga 19 Juli 2026.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2256 seconds (0.1#10.140)
pixels