alexametrics

Eastern Asia Chess Championship Fide Zone 3.3

Hari Pertama Turnamen Catur di Mongolia: Indonesia Raih Tiga Kemenangan

loading...
Hari Pertama Turnamen Catur di Mongolia: Indonesia Raih Tiga Kemenangan
Pecatur Indonesia meraih tiga kemenangan, dua remis, dan satu menelan kekalahan pada hari pertama Eastern Asia Chess Championship Fide Zone 3.3 di Mongolia, Senin (8/4/2019) / Percasi
A+ A-
ULAANBATAR - Pecatur Indonesia meraih tiga kemenangan, dua remis, dan satu menelan kekalahan pada hari pertama Eastern Asia Chess Championship Fide Zone 3.3 di Ulaanbatar Mongolia, Senin (8/4/2019). Tiga pemenang masing-masing diraih GM Susanto Megaranto, Surya Wahyudi, dan WIM Chelsie Monica Sihite.

GM Susanto Megaranto (2523) mengalahkan Sugar Gan-Erdene (2349, Mongolia), Surya Wahyudi (2197) mengalahkan CM Nyamsuren Batbold (1809, Mongolia), dan WIM Chelsie Monica Sihite (2227) menaklukkan CM Tumurbaatar Nomindalai (1958, Mongolia). "Dua yg remis IM Novendra Priasmoro (2479) lawan IM Tran Minh Thang (2349, Vietnam) dan WGM Medina Warda Aulia vs WIM Sengeravdan Otgonjargal (2162, Mongolia), satu-satunya yg kalah IM Irene Kharisma Sukandar (2384) kontra WGM Le Thanh Tu (2220, Vietnam)," jelas Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem.

Meski pada hari pertama, pecatur Indonesia menorehkan tiga kemenangan. Namun Kris menegaskan bahwa itu didapat dengan perjuangan keras, seperti yang dilakukan GM Susanto Megaranto, yang harus tampil kreatif, akurat dan konsisten.



"Santo memulainya dengan pancingan korban satu bidak di petak b7 pd langkah ke-17. Dua langkah kemudian ia merebut kembali bidaknya dengan inisiatif permainan sudah beralih ke pihaknya yg memegang buah hitam. Susanto kemudian menguasai lajur-b setengah terbuka dengan Menteri dan Benteng nya menyorot langsung sayap-menteri tempat Raja putih rokade panjang. Susanto kembali mengorbankan satu bidak di petak a6 pd langkah 28 agar serangan nya tidak terhentikan. Ia merebut kembali bidaknya pd langkah 37 dg inisiatif terus dikendalikannya. Langkah 46 kembali ia mengorbankan bidak di c4 utk merancang kombinasi mat," jelas Kris.

Lawan Santo yang membuat blunder langkah 52 dengan memakan Kuda gratis Susanto di petak e3, sehingga strategi kombinasi mat dalam 8 langkah yang direncanakan Susanto dpt diwujudkan. Sugar menyerah langkah 57 karena ada serangan mat dalam dua langkah yang tidak bisa ditangkis lagi.

Ajang kali ini merupakan tournament 9 babak untuk memperbutkan Tiket menuju Juara Dunia Catur. Tersedia dua tiket untuk pecatur putra dan 1 tiket untuk pecatur putri. Tim Indonesia yang dikirim oleh Percasi dengan dukungan dari JAPFA memberikan tim terdiri dari 3 orang putri dan 3 orang putra.

"Pertandingan babak kedua Senin (8/4) dimulai pkl 14:30 di Hotel Premium Palace, Ulaanbaatar. Kejuaraan diikuti 86 pecatur dari 7 negara (Vietnam, Filipina, Hongkong, Myanmar, Korsel, Indonesia, Mongolia). Harapannya capaian di babak perdana ini bisa menjadi awal yang baik. Mohon doanya yang terbaik untuk tim Catur Indonesia," pungkas R. ARtsanti Alif, Head of Social Investment JAPFA, yang juga Chief de Mission tim catur Indonesia ke Mongolia.
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak