Cetak Sejarah Lolos ke Kualifikasi Piala Dunia, AFC Puji Timnas Indonesia

Rabu, 12 Juni 2024 - 17:45 WIB
loading...
Cetak Sejarah Lolos ke Kualifikasi Piala Dunia, AFC Puji Timnas Indonesia
Presiden AFC Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa. Foto/Inside The Games
A A A
JAKARTA - Lolosnya Timnas Indonesia ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia untuk pertama kalinya mendapat apresiasi dari Federasi Sepak Bola Asia (AFC).

"Atas nama keluarga sepak bola Asia, saya ingin menyampaikan pujian sepenuh hati kepada 18 Timnas dari zona Asia yang telah maju ke tahap berikutnya dari Kualifikasi Asia AFC untuk Piala Dunia FIFA 2026," tulis Presiden AFC Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa dikutip dari laman resmi AFC, Rabu (12/6/2024).

Lebih lanjut, Shaikh Salman memuji keberhasilan Timnas Palestina, Indonesia, dan Kirgistan yang berhasil melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah. Ia menilai keberhasilan tersebut tak lepas dari usaha luar biasa dari masing-masing federasi.

"Para pencetak sejarah kami, Palestina, Indonesia, Republik Kirgistan telah menangkap imajinasi Benua Asia dan sekitarnya dengan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Asia AFC untuk pertama kalinya dalam sejarah dan pencapaian mereka adalah bukti dari upaya luar biasa dari Asosiasi Sepak Bola Palestina, Asosiasi Sepak Bola Indonesia, dan Persatuan Sepak Bola Kirgistan," tulisnya.



Capaian tersebut, kata Shaikh Salman, menjadi bukti kerja luar biasa Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI). Timnas Indonesia berhasil menembus putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah usai mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 di laga terakhir Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (11/6/2024) malam.



Tim besutan Shin Tae-yong itu pun menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara di putaran ketiga. AFC mencermati, kualitas dan perkembangan tim-tim sepak bola Asia semakin bagus dalam beberapa tahun terakhir. Shaikh Salman pun berharap kepada para pemain debutan untuk berusaha membawa negaranya mendapatkan hasil bagus di babak penentuan.

“Di atas segalanya, kualitas dan penampilan luar biasa dari tim-tim Asia semakin menggarisbawahi langkah luar biasa yang terus dilakukan oleh Konfederasi dalam beberapa tahun terakhir. Kami berharap semua tim kami, termasuk para pemain debutan yang patut dicatat mendapatkan kesuksesan terbaik saat mereka berusaha menciptakan lebih banyak sejarah di babak yang menentukan,” tulis Shaikh Salman.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1847 seconds (0.1#10.140)
pixels