alexametrics

Rossi Percaya Diri Mampu Meraih Podium di Balapan GP COTA

loading...
Rossi Percaya Diri Mampu Meraih Podium di Balapan GP COTA
Rossi Percaya Diri Mampu Meraih Podium di Balapan GP COTA
A+ A-
AUSTIN - Valentino Rossi percaya diri mampu meraih podium pada balapan GP Amerika Serikat di Circuit of the Americas (COTA), Senin (15/4) dini hari. Keyakinan itu setelah melihat performa Yamaha dalam beberapa balapan terakhirnya.

Ya, Rossi mengakui timnya akan dapat berbicara banyak pada balalapan nanti. Namun, rider tim Monster Energy Yamaha ini tak menapik bisa mendapatkan kemenangan bakal sangat mudah. Selain pembalap Repsol Honda Marc Marquez masih mendominasi COTA, trek ini dinilai kurang bersahabat dan rumit untuk timnya.

COTA memiliki banyak tikungan daripada sirkuit lain di kalender MotoGP musim ini. Ada beberapa tikungan yang patah, ditambah trek lurus sepanjang 1,2 kilometer, perubahan elevasi yang besar, dan lintasan bergelombang yang sangat mengganggu. Meski belum pernah menang, Rossi sudah dua kali naik podium (2015 dan 2017), dan berada di posisi keempat musim lalu.



“Kami tahu bahwa Austin adalah trek yang rumit. Mungkin ini trek yang paling sulit dan teknis pada MotoGP musim ini, tetapi pada tahun-tahun sebelumnya itu tidak terlalu buruk bagi saya,” kata Rossi dilansir crash. “Dalam beberapa tahun terakhir saya merasa baik, dan meskipun saya tidak di podium tahun lalu. Jadi, kita harus melakukannya lebih baik lagi pada balapan nanti,” sambungnya.

Sedangkan rekan setimnya, Maverick Vinales justru kurang percaya diri menatap balapan di COTA. Pasalnya, dia mendapatkan hasil buruk di dua balapan pertamanya musim ini dengan menempati posisi ketujuh di Qatar, dan gagal finis di Argentina. Oleh karena itu, dia bakal tampil ‘nothing to lose’saat mentas di Austin nanti.

Akan tetapi, Vinales ternyata punya catatan apik di sirkuit ini. Bersama Yamaha, dia memang gagal finis pada 2017. Namun, pembalap asal Spanyol itu langsung membalasnya dengan raihan podium kedua di MotoGP tahun lalu.

“Ini akan sulit, tapi kalau saya melihat kembali ke 2017 pada balapan pertama bersama Yamaha, saya saat itu merasa tak terkalahkan, tapi lalu mulai melakukan kesalahan-kesalahan, terjatuh, dan tak menjalani kualifikasi dengan baik di trek basah. Jadi kita lihat saja saat ini," ujar Vinales.

Sementara itu, Direktur Tim Yamaha, Massimo Meregalli justru sangat yakin kedua pembalapnya bisa meraih hasil maksimal di COTA. Bahkan, dia sesumbar baik Rossi dan Vinales bakal finis di posisi podium. Keyakinannya itu usai melihat hasil dari seri Argentina yang telah memberikan modal yang sangat baik untuk kedua pembalapnya.

Apabila Rossi dan Vinales mampu konsisten tampil baik di sesi latihan bebas dan kualifikasi, maka Meregalli yakin ketika balapan berlangsung kedua pembalapnya itu bakal meraih hasil maksimal. Kendati begitu, dia tetap berharap kedunya tetap berhati-hati di COTA. Pasalnya, Sirkuit Austin itu merupakan salah satu lintasan yang amat sulit untuk motor tim pabrikan asal Jepang tersebut.

“Apabila kami bisa memulai pekan nanti dengan baik dan bekerja dengan arahan yang tepat, maka kami jelas akan menjadi kandidat kuat untuk finis di tempat terbaik (podium), yang mana itu menang tujuan kami datang ke sini,” ucap Meregalli. “Dalam beberapa musim terakhir para pembalap kami dapat meraih hasil yang baik di sini,” ungkapnya.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak