alexametrics

Seleksi Timnas Indonesia U-16

Bima Tekankan Visi dan Teknik Bermain bagi Skuad Garuda Asia

loading...
Bima Tekankan Visi dan Teknik Bermain bagi Skuad Garuda Asia
Bima Tekankan Visi dan Teknik Bermain bagi Skuad Garuda Asia
A+ A-
JAKARTA - Karakter pemain menjadi penekanan utama tim pelatih dalam seleksi tim nasional Indonesia U-16. Kombinasi teknik, visi bermain, dan sikap sangat memegang peran dalam penentuan pemain yang akan memperkuat tim berjuluk skuad Garuda Asia. Timnas U-16 mulai menggelar seleksi di Lapangan Latihan Tim Nasional PSSI, Sawangan, Depok, Senin (13/5).

Untuk tahap pertama, sebanyak 41 pemain dipanggil Bima Sakti Tukiman untuk memperebutkan satu tempat dalam skuad Garuda Asia. Dalam seleksi, Bima mencari sosok pemain yang mampu menerjemahkan keinginan tim pelatih, baik di dalam maupun luar lapangan. Menurut dia, tidak hanya memiliki teknik sepak bola yang mumpuni, namun juga harus ditunjang visi bermain.

Tidak kalah penting, sang pemain harus memiliki sikap yang baik dan disiplin. “Saya mencari pemain yang memiliki visi dan teknik bagus. Selain itu, mereka harus punya sikap yang baik. Saya berharap bisa mendapatkan pemain yang sesuai dengan apa yang saya inginkan dalam kegiatan ini,” ujarnya.



Pada latihan yang sudah berlangsung dua hari, seluruh peserta seleksi mendapatkan materi penguasaan bola dan passing. Tidak hanya itu, pemain juga dilibatkan dalam small game untuk melihat kemampuan individu pemain. Bima Sakti yang dibantu Indriyanto Nugroho dan Firmansyah, asisten pelatih, serta pelatih fisik Gilang menilai seleksi yang baru berjalan belum memperlihatkan kualitas peserta seleksi.

Saat ini, seluruh pemain masih beradaptasi dengan materi latihan yang diberikan Bima dan staf kepelatihan. “Ini latihan perdana kami. Hari ini anak-anak melakukan latihan adaptasi terhadap apa yang saya dan staf pelatih berikan selama pemusatan latihan dan seleksi tim. Selain itu, kami melakukan latihan rondo, small sided game,” katanya.

Mantan pelatih timnas Indonesia itu memastikan seluruh peserta seleksi adalah talenta-talenta muda terbaik Tanah Air. Pemantauan calon pemain bahkan sudah dilakukan sejak bergulirnya Festival Filanesia hingga berjalannya Kompetisi Liga 1 U-16 musim ini. “Saya yakin mereka mempunyai kemampuan. Karena ini juga seleksi, mereka pasti mengeluarkan semua kemampuan supaya bisa masuk tim ini. Mereka ini masih adaptasi sehingga masih belum terlihat,” ujarnya.

Dia mengatakan, sesuai jadwal, seluruh pemain berkesempatan menunjukkan kemampuan kepada tim pelatih hingga akhir pekan depan. Sesuai jadwal, pencoretan pemain akan dilakukan sebelum laga uji coba perdana yang digelar Sabtu (25/5). Pemain seleksi timnas U-16 Alexandro Felix Kamuru mengaku termotivasi untuk mengunci satu tempat di skuad Garuda Asia.

Meski ketat, pemain yang lihai beroperasi di sisi kiri lapangan itu siap bersaing dengan rekanrekannya yang lain. “Saya termotivasi ingin masuk tim ini. Tapi, sebelum itu, saya akan kerja keras dulu. Saingan saya ketat. Jadi, saya rasa, ditempatkan di mana pun, saya harus siap,” tandasnya. Pemain yang nanti terpilih memperkuat timnas U-16 akan berjuang di dua turnamen bergengsi.

Pertama, Piala AFF U-15/2019 yang akan bergulir 27 Juli hingga 9 Agustus di Chonburi, Thailand. Tim Merah Putihtergabung di Grup A bersama Myanmar, Vietnam, dan Timor Leste. Selain itu, timnas U-16 juga akan bermain di Kualifikasi Piala AFC U-16/2020, September mendatang. Indonesia menjadi tuan rumah dan berada di Grup G bersama China, Brunei Darussalam, Filipina, dan Kepulauan Mariana Utara.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak