Lupakan Euforia, Nova Arianto: Fokus Hadapi Semifinal Piala AFF U-16

Jum'at, 28 Juni 2024 - 06:06 WIB
loading...
Lupakan Euforia, Nova Arianto: Fokus Hadapi Semifinal Piala AFF U-16
Timnas Indonesia U-16 melaju ke semifinal Piala AFF U-16 dengan menasbihkan diri sebagai juara Grup A / Foto: Timnas Indonesia (@timnas.indonesia)
A A A
Timnas Indonesia U-16 melaju ke semifinal Piala AFF U-16 dengan menasbihkan diri sebagai juara Grup A. Anak asuh Nova Arianto berhasil menyapu bersih seluruh pertandingan dengan tiga kali kemenangan.

Pada pertandingan terakhir melawan Laos U-16 di Stadion Manahan Solo, Kamis (27/6) malam, Timnas Indonesia U-16 menang dengan skor meyakinkan 6-1. Adapun gol-gol timnas dicetak oleh Josh Holong Junior (37,61), I Putu Panji Apriawan (45), Muhammad Zahaby Gholy (24), Mochamad Mierza Firjatullah (79) dan satu gol bunuh diri dari Sayyavath Vandavath (30).

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pemain saya yang sudah berjuang maksimal di pertandingan hari ini. Sekali lagi saya tidak melihat hasil saya selalu bersyukur. Kalau secara konsep awalnya kan ke 23 pemain bisa tampil di AFF dan saya bersyukur semua pemain sudah bisa tampil," ujar Nova setelah pertandingan.



Meski tampil hampir sempurna selama tiga pertandingan, Nova mengungkapkan bahwa skuad masih memiliki kekurangan. Ia meminta kepada pemain-pemainnya agar lebih siap untuk pertandingan selanjutnya.

"Dan saya sampaikan kepada pemain ini bukan lahir ini menjadi awal kita untuk kedepannya bisa lebih baik lagi dan saya minta pemain bisa fokus lagi dan melupakan euforia malam ini sehingga semifinal kami bisa tampil maksimal," lanjut dia.

Mantan pemain Timnas Indonesia itu juga kembali menegaskan bahwa juara bukanlah target yang ingin dicapai. Tetapi progres dari setiap pemain menjadi poin utama.



"Saya sampaikan pada pemain saya agar fokus ditiap pertandingannya dan bersyukur kita bisa lolos. Kita lihat siapa yang akan kita hadapi di semifinal apakah Thailand Australia atau grub b Vietnam atau Myanmar siapapun lawannya kita akan evaluasi DNA lihat lagi apa yang akan persiapan lawan kami di semifal nanti," bebernya.

Disinggung soal adaptasi pemain dalam strategi, Nova menilai Timnas Indonesia U-16 mampu beradaptasi dengan baik. Para pemain cukup adaptif ketika strategi diubah saat laga tengah berlangsung tetapi pemahaman taktikal dan kekuatan fisik mereka masih harus dilatih.

"Secara taktik pemain saya bisa cepet beradaptasi dengan apa yang ada di dalam begitu kami pakai. Saya bersyukur pemain bisa menjalankan dengan baik sehingga apapun formasi yang kami pakai, jika ada perubahan formasi di tengah pertandingan pemain tidak ada masalah dan saya melihat menjadi progres pemain dalam kita latihan awal mulai TC jadi pemain bisa lebih progres masalah taktikal masalah fisik semua pemain bisa tampil maksimal," imbuh Nova.
(yov)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0743 seconds (0.1#10.140)
pixels