alexametrics

Jelang Piala Sudirman 2019

Jepang dan China Favorit Juara, Indonesia Bisa Bikin Kejutan

loading...
Jepang dan China Favorit Juara, Indonesia Bisa Bikin Kejutan
Jepang dan China Favorit Juara, Indonesia Bisa Bikin Kejutan/BWF
A+ A-
NANNING - Jepang dan China favorit terkuat memboyong trofi Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Campuran Piala Sudirman 2019. Skuad Indonesia berpeluang membuat kejutan di Piala Sudirman 2019 yang digelar mulai 19 Mei hingga 26 Mei di Nanning, China. Jepang bermaterikan pemain yang menghuni tiga besar rangking dunia di semua nomor.

China bakal menjadi penantang terkuat Jepang di Piala Sudirman 2019. Selain diperkuat jajaran pebulu tangkis rangking Top 3 BWF, mereka bermain di kandang sendiri di Guangxi Sports Center, Nanning.

China diperkirakan bakal melenggang mudah dalam persaingan Grup 1D yang dihuni India dan Malaysia. Tanpa mengecilkan arti India dan Malaysia, pasukan Negeri Tirai Bambu bakal mulus ke babak selanjutnya untuk memenuhi ambisinya merebut Piala Sudirman ke-11.



Jepang yang tergabung di Grup 1A bersama Thailand dan Rusia menjadi unggulan utama di Piala Sudirman 2019. Mereka termotivasi untuk merebut Piala Sudirman untuk yang pertama sejak dipertandingkan pada 1989.

Tunggal putra peringkat satu dunia, Kento Momota akan menjadi motor Jepang untuk mewujudkan ambisi tersebut. Selain Momota, Jepang juga memiliki tunggal putri peringkat dua dunia, Nozomi Okuhara yang dilapis Akane Yamaguchi yang berperingkat empat dunia.

Sektor ganda diperkirakan menjadi penentu bagi Jepang yang memiliki dua pasangan ganda putri terkuat dunia; Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara dan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota. Di ganda putra, mereka memiliki peringkat dua dunia Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dan dilapis juara Asia 2019, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe. Ganda campuran peringkat tiga dunia Yuta Watanabe/Arisa Higashino bisa menjadi penentu kemenangan Jepang.

Bagaimana Indonesia? Skuad Piala Sudirman Indonesia memiliki ambisi yang sama untuk memboyong trofi yang sudah 30 tahun melanglangbuana. Indonesia menurunkan pemain muda potensial yang menghuni Top 10 rangking dunia di empat nomor. Dengan materi pemain muda, Indonesia berpeluang membuat kejutan.

Tunggal putra, ganda putra, campuran plus ganda putri sangat berpotensi memebrikan kemenangan untuk Indonesia. Terlebih performa para pemain Indonesia di empat sector tersebut bakal mencapai peak performance di Piala Sudirman 2019. Indonesia diprediksi lolos dari persaingan di Grup 1B yang dihuni Inggris dan Denmark. Secara materi pemain, Indonesia lebih diunggulkan lolos ke babak selanjutnya.

Juara bertahan Korea Selatan diragukan peluangnya untuk mampu mempertahankan gelarnya. Pasalnya, dua kekuatan utama di tunggal putra dan putri, Son Wan Ho dan Sung Ji Hyun dibekap cedera. Sedangkan di ganda mereka juga tidak terlalu menakutkan.

Hanya ada tiga Negara yang pernah mengangkat trofi Piala Sudirman. China paling mendominasi dengan 10 kali juara diikuti Korsel dengan empat kali dan Indonesia sekali juara.

Pembagian Grup Piala Sudirman 2019

Grup 1
Grup A:Jepang, Thailand, Rusia
Grup B:Indonesia, Denmark, Inggris
Grup C:Taiwan, Korea Selatan, Hong Kong
Grup D:China, India, Malaysia

Grup 2
Grup A:Belanda, Prancis, AS, Vietnam
Grup B:Jerman, Kanada, Singapura, Israel

Grup 3Grup A: Irlandia, Australia, Selandia Baru, Nepal
Grup B:Swiss, Sri Lanka, Slovakia, Lithuania

Grup 4
Macau, Greenland, Kazakhstan
(aww)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak