alexametrics

Ramadhan ala Pemain Muslim Finalis Liga Champions

loading...
Ramadhan ala Pemain Muslim Finalis Liga Champions
Liverpool dalam persiapan menghadapi Tottenham Hotspur di final Liga Champions 2018/2019. Ada enam pemain muslim yang berpeluang tampil di laga pemungkas
A+ A-
LONDON - Liverpool dalam persiapan menghadapi Tottenham Hotspur di final Liga Champions 2018/2019. Beberapa pemain akan menjalani laga krusial tersebut di tengah ibadah bulan Ramadhan.

Pertandingan final berlangsung di kota Madrid, 2 Juni 2019 mendatang, atau sekitar tiga hari sebelum hari raya Idul Fitri. Di kubu Liverpool, terdapat empat pemain muslim yang tercatat sebagai pemain kunci.

Keempat pemain Liverpool itu adalah Mohamed Salah, Sadio Mane, Xherdan Shaqiri, dan Naby Keita. Sedangkan di kubu Tottenham, dua pemain muslim yang akan tampil di final adalah Moussa Sissoko dan Serge Aurier.



15 Jam Berpuasa
Ramadhan ala Pemain Muslim Finalis Liga Champions

Durasi berpuasa di beberapa belahan bumi berbeda-beda. Menurut Express, di Inggris, waktu berpuasa berlangsung sekitar 15 jam. "Pemain muslim baru berbuka puasa sekitar pukul 20.52" tulis Express dalam laporannya.

Meski demikian, pemain Liverpool seperti Mohamed Salah dan Sadio Mane dipercaya sebagai penganut ajaran Islam yang taat. Selain selalu bersujud setelah mencetak gol, keduanya juga disebut-sebut tidak meninggalkan ibadah puasa yang relatif 'lebih berat' dijalankan ketimbang di Indonesia.

Pada musim lalu, muncul pertanyaan seputar kesiapan Mo Salah bermain melawan Real Madrid di final Liga Champions mengingat ia sedang menjalankan ibada puasa. Namun, tidak ada laporan spesifik yang menyebut Salah tetap berlatih dengan kondisi berpuasa, atau dia membayarnya setelah Idul Fitri.

Meski tidak ada laporan spesifik soal ibadah puasa Salah, pelatih Timnas Mesir (tempat Salah bernaung) membocorkan bahwa pihaknya mengirim seorang spesialis untuk membantu Salah menghadapi sesi latihan sambil berpuasa.

"Asosiasi Sepak Bola Mesir telah menyewa spesialis untuk membantu Salah dan para pemain (Muslim di Inggris, red) selama bulan puasa Ramadan." kata Hector Cuper. Sang pelatih belakangan diganti posisinya oleh Javier Aguirre.

Berbeda dengan Salah, menurut laporan Mirror, Sadio Mane lebih banyak menghabiskan waktu di masjid jika tidak ada sesi latihan Liverpool. Dalam sebuah video yang beredar beberapa bulan lalu -sebelum Ramadan- Mane bahkan terlihat membantu membersihkan lantai masjid.
Ramadhan ala Pemain Muslim Finalis Liga Champions

Pemain Tottenham, Moussa Sissoko juga dikenal sebagai muslim yang taat. Bermukim di kota London, Sissoko disebut-sebut tidak meninggalkan ibadah puasa meski timnya juga dalam persiapan menyambut final Liga Champions.
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak