alexametrics

Final Copa del Rey 2018/2019

Fakta dan Data Sukses Valencia Merengkuh Gelar Copa del Rey

loading...
Fakta dan Data Sukses Valencia Merengkuh Gelar Copa del Rey
Valencia berhasil merebut gelar Copa del Rey usai membungkam Barcelona di final. Foto : Reuters
A+ A-
SEVILLE - Sejarah baru saja dibuat Valencia setelah merengkuh gelar Copa del Rey. Tak tanggung-tanggung, Valencia menghentikan ambisi Barcelona yang ingin meraih gelar kelima secara beruntun.

Penampilan anak asuh Marcelino Garcia di Stadion Benito Villamarin, Seville, Minggu (26/2019) dinihari, sangat luar biasa. Bermain sabar dan hanya mengandalkan serangan balik mereka bisa menaklukkan Barcelona dengan skor 2-1. (Baca juga : Bungkam Barcelona, Valencia Juara Copa del Rey)

Dari deretan pertandingan sepanjang 90 menit, Opta mencatat sejumlah fakta dan data menarik. Berikut uraiannya :
1. Kali terakhir Valencia merasakan menjadi juara Copa del Rey pada musim 2007-08. Saat itu Valencia diarsiteki Ronald Koeman yang di final sukses mengandaskan perlawanan Getafe 3-1. Menariknya, Valencia lolos ke final setelah menundukkan Barcelona di semifinal.



2. Valencia menjadi tim kedua yang memenangkan gelar Copa del Rey di tahun yang sama bertepatan perayaan ulang tahun yang ke-100 tahun. Peristiwa ini pernah dialami Espanyol pada 2000.

3. Marcelino Garcia meraih sukses pertama sebagai pelatih memberikan gelar pada Valencia. Selain itu kemenangan ini juga jadi yang perdana melawan Barcelona di semua kompetisi dari 21 pertandingan (empat kali main imbang dan 14 kali kalah).

4. Barcelona menjadi tim pertama yang tampil di final enam kali secara beruntun. Empat partai berhasil diakhiri dengan gelar juara.

5. Lionel Messi jadi pemain pertama dalam sejarah Copa del Rey yang mencetak tujuh gol di enam final berbeda.
(bbk)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak