Contek Liga Inggris, PSSI Pakai Refer System Evaluasi Kinerja Wasit

Senin, 08 Juli 2024 - 23:30 WIB
loading...
Contek Liga Inggris,...
PSSI terus melakukan manuver untuk meningkatkan kualitas wasit Indonesia / Foto: PSSI
A A A
PSSI terus melakukan manuver untuk meningkatkan kualitas wasit Indonesia . Salah satunya berencana menggunakan Referee Evaluation Resource (Refer) System yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja wasit.

PSSI tampak serius membuat Liga 1 musim 2024/2025 naik kelas. Setelah penggunaan Video Assistant Referee (VAR) telah pasti bakal dipakai untuk musim depan, akan ada juga sistem baru yang diterapkan untuk mengevaluasi wasit.

Wakil Ketua Komisi Wasit, Yoshimi Ogawa, menyampaikan kalau Refer System bisa meningkatkan kualitas wasit. Sistem ini sebelumnya telah digunakan pada kompetisi Liga Inggris.



"Refer System ini adalah sistem evaluasi wasit terbaru. Karena wasit perlu menyesuaikan evaluasi dari ahli kami, kami sebut wasit penilai. Pada musim baru ini, kami akan menggunakan sistem evaluasi baru yang telah dilaksanakan oleh Inggris Premier League," kata Ogawa, Senin (8/7/2024).

Refer System adalah sistem penanda otomatis. Sistem ini memungkinkan untuk mengevaluasi secara berkala performa para wasit untuk membantu mengembangkan performa mereka. Sistem ini juga menggabungkan materi latihan, untuk terus dilakukan.

Ogawa menjelaskan kalau Refer System ini sangat akurat. Nantinya para wasit Tanah Air bisa mengetahui apa yang harus diperbaiki kedepannya. Sebab nantinya, para wasit akan mendapat evaluasi dari Referee Assessor.



"Sistem ini sangat akurat. Bukan hanya evaluasi, kami juga dapat memberikan materi pelajaran yang diperlukan kepada mereka dengan feedback," ujarnya.

Lebih lanjut, Ogawa memberikan apresiasi kepada Ketum PSSI, Erick Thohir beserta jajarannya karena mengambil langkah untuk memakai Refer System. Dia sangat yakin sistem ini akan sangat membantu kinerja perwasitan di Indonesia.

"Kami sangat menghargai kepada pak Erick Thohir dan Exco PSSI untuk menghadirkan sistem ini. Pasti wasit kita akan bisa melihat perkembangan mereka setiap pertandingan, dan kemudian mereka bisa memperbaikinya," beber Ogawa.

Sebagai informasi, Refer System rencananya akan dilakukan di Liga 1 dan 2 2024/2025. Rencananya, sistem tersebut baru akan diterapkan pada bulan Desember mendatang.
(yov)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)