alexametrics

Piala Dunia Wanita

China dan Spanyol Rebut Satu Tiket Sisa ke 16 Besar

loading...
China dan Spanyol Rebut Satu Tiket Sisa ke 16 Besar
China dan Spanyol Rebut Satu Tiket Sisa ke 16 Besar
A+ A-
LE HAVRE - China memang tidak pernah menjadi juara di Piala Dunia Wanita. Prestasi terbaik mereka adalah menjadi runner up pada edisi 1999. Tapi, satu yang pasti, mereka memiliki catatan selalu lolos dari fase grup setiap berpartisipasi di babak utama. Sejak Piala Dunia Wanita digulirkan pada 1991, tim berjuluk Kengqiang Meigui itu hanya sekali absen, yaitu pada 2011.

Selebihnya, mereka selalu tampil di babak utama. Penampilan China di babak utama juga terbilang menjanjikan. Mereka tidak saja berhasil melewati fase grup, tapi juga melewati babak 16 besar. Tahun ini mereka kembali diuji. Berada di Grup A, tim asuhan Jia Xiuquan itu kini harus bersaing dengan Spanyol untuk memperebutkan satu tiket sisa ke 16 besar.

Satu tiket sudah pasti menjadi milik dari Jerman. China memiliki 3 poin, sama dengan Spanyol, hanya kalah agregat gol. Satu kemenangan China didapatkan atas Afrika Selatan. Di Stade Oceane, nanti malam, rekor China di Piala Dunia Wanita akan mendapatkan tantangan. Apakah mereka bisa ke babak 16 besar atau justru untuk kali pertama gagal melewati fase grup.



Pelatih China Jia Xiuquan menganggap timnya layak bersaing dengan Spanyol. Kelayakan itu terlihat ketika menyudahi torehan negatif. “Keinginan mereka untuk menang telah membuat ini menjadi momen terkesan dalam setahun terakhir. Saya sangat tersentuh. Ini telah memberi saya keberanian untuk memimpin mereka,” ungkap Xiuquan dilansir reuters.

Dengan dua tim teratas dari masing-masing grup secara otomatis lolos ke babak sistem gugur bersama empat tim terbaik yang berada di posisi ketiga turnamen, maka semangat China semakin berkobar. China akan otomatis maju ke babak 16 besar jika mereka mengalahkan Spanyol.

Kendati demikian, Xiuquan segalanya baru dimulai dan mengatakan timnya akan pergi ke laga sebagai underdog. Tetapi, dia berjanji bahwa China bakal memberikan kejutan sekaligus membuka kans menjuarai Piala Dunia Wanita untuk pertama kalinya. Xiuquan akan mengandalkan komposisi terbaiknya.

Pencetak gol semata wayang ke gawang Afrika Selatan, Li Ying diduetkan dengan Wang Shanshan sebagai juru gedor. Sedangkan Wu Haiyan dan Lin Yuping menjaga sektor pertahanan. “Spanyol jelas lebih kuat dari kami sehingga kami bisa bermain tanpa tekanan berarti. Saya berharap para pemain bisa menunjukkan potensi maksi mal dan bisa mengeksekusi strategi pertandingan dengan baik,” ujarnya.

Bila China sedang menanjak, Spanyol justru sebaliknya. Kekalahan 0-1 dari Jerman, Rabu (12/6), mengindikasikan inkonsistensi tim berjuluk La Roja tersebut. Apabila kembali menuai hasil buruk, kans Spanyol lolos ke babak 16 besar Piala Dunia wanita 2019 bisa terancam. Mereka pun harus berjuang keras menjadi satu dari empat tim posisi ketiga terbaik dari enam grup guna mengamankan tiket babak 16 besar.

Pelatih Jorge Vilda menilai Spanyol tetap berada di jalur tepat. Vilda mengungkapkan timnya menunjukkan permainan baik saat melawan Jerman dan hanya kurang beruntung karena kesalahan sendiri yang berakibat fatal. Vilda yakin jika mampu meminimalisasikan kesalahan, Spanyol mampu mengatasi China dan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia Wanita 2019.

Terlebih dalam dua pertemuan terakhir laga persahabatan, La Roja selalu menang atas China. “Sekarang, kami hanya perlu fokus untuk menghadapi China. Kami harus menyikapi sesuatunya dengan tenang, tidak perlu panik. Kami belum pernah sedekat ini sebelumnya. Setiap harinya, kami selalu melangkah ke depan,” katanya.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak