Bukan Tembus Piala Dunia, Shin Tae-yong Dibebani Bawa Timnas Indonesia Masuk 100 Besar FIFA

Selasa, 09 Juli 2024 - 19:41 WIB
loading...
Bukan Tembus Piala Dunia,...
Bukan Tembus Piala Dunia, Shin Tae-yong Dibebani Bawa Timnas Indonesia Masuk 100 Besar FIFA. Foto: Dok
A A A
JAKARTA - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga mengungkap target utama federasi untuk pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY). Arya mengatakan, ranking 100 besar adalah target utama ketimbang membebankan lolos ke Piala Dunia 2026.

Hal itu diungkapkan Arya usai mengikuti diskusi yang membahas riset Football Institute di Barito Mansion, Jakarta pada Selasa (9/7/2024). Arya mengungkapkan, Shin hanya dibebankan membawa Timnas Indonesia masuk ranking 100 besar dunia.

"Gini, kalau target kan kita untuk pelatih sendiri kan kita berharap mencapai (ranking) 100. Kalau ini (Piala Dunia) ya kita pasti berharap masuk lah ya, apakah target (Piala Dunia) berpengaruh, ya tidak kan itu tidak ada dalam kontrak," kata Arya kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia, Selasa (9/7/2024).
Bukan Tembus Piala Dunia, Shin Tae-yong Dibebani Bawa Timnas Indonesia Masuk 100 Besar FIFA



"Tapi kalau misalnya terus (di kualifikasi), kita berharap jangan sampai playoff. Berharapnya seperti itu," tambahnya.

Teruntuk putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Arya mengatakan target Timnas Indonesia realistis. Walau demikian, dia berharap pasukan Shin Tae-yong berjuang semaksimal mungkin.

"Gini ya, kita harus tahu nih, yang namanya di grup kita ini tiga itu adalah langganan Piala Dunia. Sementara yang lolos round 3 itu dua, artinya ada satu langganan yang tidak bisa lolos," ujar Arya.

"Jadi ya, udah tau ini berat banget grup, tapi kita nothing to lose kan. Kita realistis tapi berjuang habis-habisan," tambahnya.

Seperti yang dikatakan Arya, Timnas Indonesia akan tergabung dalam grup yang berat di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Skuad Garuda akan tergabung dalam Grup C bersama Arab Saudi, Australia, Bahrain, China, dan Jepang.

Dua tim teratas dalam putaran ketiga dipastikan lolos ke Piala Dunia 2026. Sementara, dua tim peringkat ketiga dan keempat akan melanjutkan fase kualifikasi di putaran keempat. Lalu, dua tim terbawah dipastikan tersingkir dari fase kualifikasi.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)