alexametrics

Sukses Balapan di Kelas MX2, Adel Bidik Poin di Semarang

loading...
Sukses Balapan di Kelas MX2, Adel Bidik Poin di Semarang
Sukses Balapan di Kelas MX2, Adel Bidik Poin di Semarang
A+ A-
PALEMBANG - Crosser Indonesia Muhammad Delvintor Alfarizi menandai debutnya pada FIM Motorcross World Championship (MXGP) 2019 dengan positif. Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) tersebut memenuhi target minimalnya, yakni menyelesaikan balapan kelas MX2 dengan baik dan meraih poin.

Selanjutnya dia membidik pencapaian lebih baik pada seri 12 di Semarang, Jawa Tengah, akhir pekan ini. Dalam balapan akhir pekan kemarin di Sirkuit OPI Mall Palembang, crosser asal Karawang, Jawa Barat, itu membuktikan diri mampu bersaing dengan pembalap mancanegara. Meski mengakhiri balapan yang berlangsung selama 30 menit tersebut di posisi 17 dari 19 crosser, namun catatan waktunya tidak terlampau jauh dari sang juara pada race pertama, Jorge Prado, dari Spanyol.

Adel-panggilan Delvintor Alfarizi-mencatatkan waktu total 35 menit 5,303 detik. Dia hanya terpaut 1 menit 13 detik dari Prado di urutan pertama. Selain itu, dia mencatatkan bestlaps, yakni 1 menit 40,690 detik pada putaran ketiga. Pada balapan kedua, Adel mampu memperbaiki catatan waktunya meski kembali mengakhiri balapan di posisi ke-17. Kali ini dia mencatatkan waktu 34 menit 37,791 detik dan melakukan 18 putaran.
Jumlah ini terpaut dua lap dari sang juara Thomas Kjer Olsen asal Denmark yang mencatatkan 20 putaran dalam waktu 33 menit 51,534 detik. Dari dua balapan yang dilakoninya, Adel berhasil mengum pulkan 8 poin perdana di kejuaraan dunia motor cross tersebut. Bersyukur dapat menyelesaikan balapan pertama bersama AHRT di kejuaraan dunia motor cross kelas MX2. Selain dapat bertarung dengan crosser-crosser terbaik dari berbagai negara, saya juga berhasil mendapatkan 8 poin di dua balapan hari ini,” katanya.
Dia mengatakan, hasil dari dua race tersebut tentu menjadi bekal pengalaman yang berarti untuk menghadapi seri selanjutnya. Adel bertekad memanfaatkan sebaik mungkin kesempatan kedua di MXGP Semarang pada akhir pekan ini. “Berharap bisa meraih hasil lebih baik dari balapan kemarin. Mohon doanya masyarakat agar saya bisa membanggakan Indonesia,” katanya. Sebelum tampil di balapan, Adel mengaku hanya ingin tampil baik dalam debutnya di kejuaraan dunia motor cross.



Menurutnya, menimba pengalaman dalam balapan ini akan meningkatkan kemampuan balapnya lantaran bersaing dengan crosser kelas dunia. “Untuk penampilan pertama bersama AHRT di ajang balap motor cross bergengsi ini, saya akan berusaha tampil sebaik mungkin. Tentu akan menjadi pengalaman sangat berharga untuk bisa bersaing bersama para crosser dunia. Hal ini akan saya jadikan pijakan awal untuk meningkatkan kemampuan saya,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma menyatakan, langkah terjun ke kejuaraan dunia motor cross menjadi bukti dari komitmen Astra Honda Motor (AHM) dalam mendukung pembalap muda Indonesia untuk berkompetisi di ajang balap nasional maupun internasional.

Keikutsertaan ini untuk mengakomodasi talenta-talenta di kejuaraan tersebut. Inuma mengatakan, debut AHRT di balapan motor cross dimulai dengan ikut serta dalam ajang balap motocross tingkat dunia MXGP di Palembang dan Semarang. Selanjutnya AHRT pun akan bertanding di berbagai ajang balap motocross sebagai bagian dari proses pembinaan balap.

“Ini menjadi babak baru pembinaan AHRT. Ini merupakan komitmen kami membina lebih banyak lagi pembalap Indonesia untuk mewujudkan mimpi tertinggi mereka di berbagai aktivitas balap, baik roadrace maupun motocross,” kata Toshiyuki Inuma di sela kejuaraan MXGP Palembang. Sebelumnya, pada awal tahun ini AHRT juga mengumumkan tim balap untuk ajang roadrace.

Tim ini diperkuat sejumlah pembalap muda jebolan Astra Honda Racing School, seperti Ahwin Sanjaya, Irfan Ardiansyah, dan Lucky Hendriansya. “Kami menyadari ini bukanlah perjalanan singkat menuju mimpi tertinggi di dunia balap, namun kami yakin, banyak potensi pembalap muda Indonesia yang siap berjuang bersama dalam mewujudkan mimpi bersama untuk Indonesia juara,” ujarnya.

Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya mengatakan, babak baru pembinaan balap motor cross merupakan bukti keseriusan AHM di dunia balap. Tim motor cross yang berada di bawah naungan AHRT diharapkan bisa melanjutkan kiprah kesuksesan pembalap Indonesia di dunia balap yang sebelumnya banyak dicetak melalui balapan roadrace.

Selain tampil di MXGP, kata Thomas, Delvintor juga akan ambil bagian dalam kejuaraan nasional (kejurnas). Sesuai jadwal, kejurnas motorcross akan digelar sebanyak 6 seri, karena seri pertama akan digelar bersamaan dengan MXGP Semarang, Jawa Tengah, pekan depan.

Setelah itu, dilanjutkan dengan seri Ciamis, Jawa Barat (31/8), Cirebon, Jawa Barat (14/9), Yogyakarta (5/10), dan ditutup dengan dua seri terakhir yang akan dilaksanakan di Jawa Timur pada 26-27 Oktober dan 9-10 November 2019.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak