Erik Ten Hag: Manchester United Masih Jauh dari Gelar Liga Inggris

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:01 WIB
loading...
Erik Ten Hag: Manchester...
Erik Ten Hag: Manchester United Masih Jauh dari Gelar Liga Inggris. Foto: REUTERS/REUTERS/Hannah Mckay
A A A
MANCHESTER - Pelatih Manchester United , Erik Ten Hag, mengakui bahwa ucapan mantan pelatih Man United, Ralf Rangnick, benar adanya bahwa timnya butuh ‘operasi jantung terbuka’ alias butuh banyak perubahan. Menurutnya, saat ini pasukannya masih sangat jauh untuk bisa juara Liga Inggris lagi.

Rangnick menggantikan Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih Man United di pertengahan musim 2021/2022 dan mengantarkan mereka finis di urutan enam Liga Inggris. Selama lebih dari setengah musim di Old Trafford, dia sering kali mengungkapkan kekurangan klubnya dengan cara yang brutal, bahkan mengklaim bahwa mereka tertinggal enam tahun di belakang rival bebuyutan, Liverpool.



Kala itu, Rangnick juga membeberkan bahwa masalah di kubu Manchester Merah sudah sangat mendalam sehingga perlu perubahan struktural yang besar dari atas ke bawah. Dia menggambarkan timnya itu butuh ‘operasi jantung terbuka’.

"Anda bahkan tidak perlu kacamata untuk melihat dan menganalisis di mana letak masalahnya. Sekarang masalahnya adalah bagaimana kita menyelesaikannya?" kata Rangnick. "Tidak cukup hanya melakukan beberapa perubahan kecil, hal-hal yang bersifat kosmetik. Dalam dunia kedokteran, Anda akan mengatakan bahwa ini adalah operasi jantung terbuka," imbuhnya.

Baru-baru ini, Ten Hag pun membenarkan ucapan Rangnick, yang kini menjabat sebagai pelatih Timnas Austria. Dia mengakui bahwa Man United masih jauh di bawah standar untuk kembali ke masa kejayaan mereka.

"Rangnick benar sekali. Kami telah bekerja keras selama dua tahun, tetapi dia mengatakannya dengan tepat: ini adalah operasi yang menyeluruh dan sangat rumit,” ucap Ten Hag seperti dilansir dari Daily Mail, Sabtu (20/7/2024).

"Dan saya tahu ketika saya memulainya bahwa itu akan menjadi pekerjaan yang sulit. Ada banyak orang yang telah menasihati saya. Louis van Gaal juga," imbuhnya.

Lebih lanjut, Ten Hag juga sadar betul bahwa Bruno Fernandes dan kolega masih sangat jauh untuk bisa kembali menjuarai Liga Inggris dan Liga Champions. Walaupun begitu, menurutnya sudah ada pergerakan ke arah yang lebih baik sehingga mereka bisa mengoleksi titel Piala FA dan Piala Liga Inggris bersamanya dalam dua musim terakhir.

"Kami ingin klub ini kembali ke tempatnya lebih dari satu dekade lalu, menjadi klub yang memenangkan Liga Inggris, yang dapat memenangkan Liga Champions. Saya rasa kami masih jauh dari itu," jelas juru taktik asal Belanda itu. "Saya kira kami telah mengambil langkah sejak saat itu, kalau tidak, kami tidak akan memenangkan dua penghargaan. Namun, kami belum sampai pada titik di mana 'budaya pemenang' sudah berlaku di sini dalam segala hal. Standar, norma, dan nilai kami masih perlu ditingkatkan,” lanjutnya.

Ten Hag juga mengkritik keras mentalitas Man United saat kali pertama dia datang. Menurutnya, ada banyak budaya dan mentalitas yang perlu diubah dari pasukannya.

"Saya tidak terkejut. Namun, budaya dan mentalitasnya benar-benar tidak bagus. Untuk menang, untuk benar-benar mencapai performa terbaik setiap minggu, kami harus banyak berubah," pungkasnya.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1434 seconds (0.1#10.140)