alexametrics

Federer v Nadal di Semifinal: Rivalitas Klasik Raja Wimbledon

loading...
Federer v Nadal di Semifinal: Rivalitas Klasik Raja Wimbledon
Federer v Nadal di Semifinal: Rivalitas Klasik Raja Wimbledon/ATP
A+ A-
WIMBLEDON - Hari ini, Roger Federer menghadapi Rafael Nadal di semifinal tunggal putra Grand Slam Wimbledon 2019. Inilah rivalitas klasik dua raja Wimbledon. Duel dua raja grand slam itu siap dimainkan mulai pukul 1 siang waktu setempat di centre court All England Club.

’’Aku berharap melawan pemain terbaik dalam sejarah di lapangan ini dan aku harus menunjukkan permainan terbaikku jika ingin punya peluang ke final,’’kata Nadal.

Bertemunya Federer yang menjadi unggulan kedua dengan Nadal, unggulan ketiga, di semifinal tahun ini yang pertama sejak kedua mantan raja tenis dunia itu berhadapan di final edisi 2008.



Ketika itu, Nadal mengalahkan Federer untuk merebut gelar Wimbledon pertamanya. Artinya, publik tenis dunia harus menunggu 11 tahun untuk melihat dua petenis langganan juara grand slam bertanding di lapangan rumput Wimbledon.

’’Bermain melawan Roger selalu menghadirkan sesuatu yang unik. Senang bisa kembali ke lapangan ini melawan dia setelah 11 tahun. Berarti banyak bagi saya dan mungkin bagi dia juga,’’lanjutnya.

Siapa pemenang duel mantan juara Wimbledon nanti? Pertemuan Nadal dengan Federer kali ini yang ke-40. Dari rekor head to head, Nadal lebih unggul dengan 24-15.

Dari koleksi gelar grand slam, Federer masih memegang rekor sebanyak 20 kali juara, sedangkan Nadal masih 18 meraih gelar grand slam. Federer tercatat delapan kali juara Wimbledon. Dan, Nadal mengoleksi dua trofi Wimbledon.

Kedua legenda tenis dunia itu sama-sama berada dalam kondisi prima menjelang bertanding di semifinal. Federer membuat 206 winners dan 88 unforced errors dalam lima laga awal Wimbledon 2019. Sukses Federer mengalahkan Kei Nishikori di perempat final menjadikannya sebagai orang pertama yang mencatat 100 kemenangan di Wimbledon.

Nadal pun tidak kalah dominan selama lima babak awal Wimbledon tahun ini. Petenis Spanyol itu mencetak 109 winners dan 34 unforced errors di tiga laga terakhir.

Nadal pun siap menghadapi perlawanan sengit Federer yang dikenal sebagai raja lapangan rumput. Kemenangan Nadal atas Federer di final edisi 2008 selalu diingat sebagai salah satu pertarungan final terlama. Nadal harus bersusah payah mengalahkan Federer dalam lima set setelah bermain 4 jam 48 menit.

Rivalitas Federer dan Nadal di grand slam selalu menjadi ditunggu para pecinta tenis dunia. Federer yang merupakan raja lapangan rumput saling mengalahkan dengan Nadal yang dikenal sebagai penguasa lapangan tanah liat.

Most Wins By Grand Slam

Tournament

Player

Wins

Australian Open

Roger Federer

97

Roland Garros

Rafael Nadal

93

Wimbledon

Roger Federer

100

US Open

Jimmy Connors

98

(aww)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak