alexametrics

Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023

Dua Korea Bentrok di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023: Ini Soal Olahraga!

loading...
Dua Korea Bentrok di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023: Ini Soal Olahraga!
Pelatih Korea Selatan Paulo Bento tidak mau mengaitkan pertemuan melawan Korea Utara dengan politik/Foto/sport360.com
A+ A-
KUALA LUMPUR - Korea Selatan dan Korea Utara akan berhadapan di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, dan Piala Asia 20203. Dalam undian (drawing) yang digelar di AFC House, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (17/7/2019), negara bertetangga tersebut terjebak di Grup H bersama Lebanon, Turkmenistan dan Sri Lanka.

Pelatih Korea Selatan Paulo Bento tidak mau mengaitkan pertemuan tersebut dengan politik. Pelatih asa Portugal berusia 50 tahun itu menegaskan ini hanya perihal olahraga. "Ini pertanyaan olahraga," kata Paulo Bento dilansir Reuters.

"Kami akan memainkan dua pertandingan melawan Korea Utara dengan cara yang sama seperti kami akan memainkan dua pertandingan melawan tim-tim lain di grup lainnya dan berusaha memenangkan semua pertandingan yang akan kami mainkan, dengan menghormati semua tim dengan cara yang kami miliki sampai kini." (Baca juga: Hasil Drawing Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023: Indonesia Ketat).



Korea Selatan telah bermain di Piala Dunia sejak 1986, sementara Korea Utara telah dua kali lolos, yang terkenal mencapai perempat final pada tahun 1966 sebelum tersingkir di fase grup Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Empat puluh tim menjalani undian dan dibagi dalam delapan grup yang terdiri dari lima negara. Juara grup lolos ke fase berikutnya bersama dengan empat runner-up terbaik.

Ke-12 tim kemudian dibagi dalam dua grup yang terdiri dari enam negara dalam pertempuran untuk empat slot, dan satu tempat playoff, yang dialokasikan untuk negara-negara Asia pada putaran final pada tahun 2022 di Qatar.

Iran, yang lolos kualifikasi dua Piala Dunia terakhir (total lima kali lolos), menghadapi tetangga Irak di Grup C bersama Bahrain, Hong Kong dan Kamboja. Jepang, yang mencapai 16 besar pada 2018, akan menghadapi Kirgistan, Tajikistan, Myanmar dan Mongolia di Grup F.

Australia bertemu Yordania, Taiwan, Kuwait, dan Nepal di Grup B dan China akan mencari tempat di Piala Dunia pertama mereka sejak 2002 di Grup A melawan Suriah, Filipina, Maladewa, dan Guam.

Lima kali finalis Piala Dunia Arab Saudi menghadapi Uzbekistan, Palestina, Yaman, dan Singapura di Grup D dan Uni Emirat Arab adalah satu-satunya negara non-Asia Tenggara di Grup G bersama Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia.

Tuan rumah Piala Dunia, Qatar juga akan ikut ambil bagian, meski mendapat tempat di final sebagai tuan rumah, karena turnamen ini juga dijadikan babak kualifikasi untuk Piala Asia 2023 di China. Negara Teluk itu akan menghadapi Bangladesh, Oman, India, dan Afghanistan di Grup E.

Babak kualifikasi kedua akan dimulai pada 5 September dan akan berakhir pada 9 Juni, dengan 12 negara yang lolos maju ke fase ketiga.

Undian kualifikasi Piala Dunia Asia 2022 dan Piala Asia 2023:

Grup A: China, Suriah, Filipina, Maladewa, Guam
Grup B: Australia, Yordania, Taiwan, Kuwait, Nepal
Grup C: Iran, Irak, Bahrain, Hong Kong, Kamboja
Grup D: Arab Saudi, Uzbekistan, Palestina, Yaman, Singapura
Grup E: Bangladesh, Oman, India, Afghanistan, Qatar
Grup F: Jepang, Kirgistan, Tajikistan, Myanmar, Mongolia
Grup G: Uni Emirat Arab, Vietnam, Thailand, Malaysia, Indonesia
Grup H: Korea Selatan, Lebanon, Korea Utara, Turkmenistan, Sri Lanka
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak