alexametrics

Karateka Indonesia Raih 2 Emas di Kejuaraan Dunia SKIF 2019

loading...
Karateka Indonesia Raih 2 Emas di Kejuaraan Dunia SKIF 2019
Ketua Dewan Pembina PB Shokaido Efdjuno Tando (kanan) memberikan cendera mata emas 24 karat kepada Aswan Ali dan para peraih medali. Foto : Ist
A+ A-
JAKARTA - Tim Shotokan Kandaga Indonesia (Shokaido) atau Kandaga Prana merebut 2 medali emas dan 1 perunggu pada Kejuaraan Dunia Karate SKIF (Shotokan Karate-do International Federation) di XIII 2019 di CPP Arena, Hradec Kralove, Republik Cheko.

Di ajang dunia yang diikuti 52 negara peserta ini, Shokaido yang berafiliasi dengan SKIF Indonesia pimpinan Aldrin Tando itu menurunkan 11 karatekanya. Karena itu, perolehan dua medali emas dari 11 karateka atau 18% tersebut merupakan prestasi sangat membanggakan.Dua emas itu disumbangkan karateka Aswan Ali di nomor kata master 45 tahun dan David Sahirul Alim di nomor kata U-20 putra. Sementara satu perunggu Indonesia lainnya diberikan Pradana Joiti Aldio di nomor kumite kadet putra.

”Kami bangga dengan prestasi ini. Meski hanya diikuti 11 karateka, kami dapat merebut dua medali emas dan satu perunggu. Karena itu, kami sangat mengapresiasi kinerja tim di Cheko,” ujar Ketua Dewan Pembina PB Shokaido, Efdjuno Tando, saat penjemputan atlet di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (23/7/2019) malam.



Hal senada disampaikan Asisten Deputi Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Herman Chaniago. Dia sangat bersyukur dan mengapresiasi prestasi yang diraih karateka Indonesia di Cheko.

“Atas nama pemerintah, atas nama Menpora Pak Imam Nahrawi, kami menyampaikan salam hormat dan apresiasi yang tinggi atas prestasi yang diraih karateka Shokaido di Cheko. Semoga prestasi ini bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan,” tutur Herman yang memimpin langsung penyambutan atlet.

Dia juga berharap prestasi tersebut dapat memotivasi karateka Indonesia lainnya untuk meraih prestasi emas di event-event internasional lainnya. “Pemerintah bangga dengan pencapaian prestasi emas seperti ini karena akan mengangkat Indonesia di dunia internasional. Semoga ini bisa menjadi motivasi karateka Indonesia secara keseluruhan untuk terus berlatih dan meraih prestasi maksimal,” tutur Herman.

Karateka peraih medali emas David Sahirul Alim menyatakan rasa senangnya dengan prestasi emas yang dia torehkan. Dia berharap prestasi itu akan menjadi bekal berharga untuk kiprah selanjutnya, termasuk saat persaingan di kejuaraan-kejuaraan yang digelar PB Forki.

“Saya bangga bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Saya akan berusaha mempertahankan dan meningkatkan kinerja yang sudah saya lakukan selama ini,” katanya.

Sementara Ketua Umum PB Shokaido Djeniwarman mengaku sangat bangga dengan pencapaian para karatekanya. Sebab, dengan prestasi emas tersebut, perguruannya mampu menjaga tradisi emas Indonesia di ajang kejuaraan dunia SKIF.

“Kami bangga dengan prestasi yang ditorehkan para karateka. Kami akan terus berusaha menjaga konsistensi prestasi emas di ajang SKIF,” ujar Djeni.
Karateka Indonesia Raih 2 Emas di Kejuaraan Dunia SKIF 2019

Prestasi emas tersebut tentu bukan sekali ini diraih Indonesia. Bahkan, pada ajang sebelumnya di Jakarta, SKIF XIII pada 2016, Indonesia juga merebut 5 medali emas, 9 perak, dan 2 perunggu sekaligus menempati peringkat kedua setelah Jepang. Begitu juga saat menggelar SKIF VII di Bali pada 2000, Merah Putih membukukan 5 medali emas, 2 perak, dan 9 perunggu.
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak