Geger Petinju Transgender Guncang Ring Tinju Olimpiade Paris 2024

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 07:12 WIB
loading...
Geger Petinju Transgender...
Geger Petinju Transgender Guncang Ring Tinju Olimpiade Paris 2024/The Sun
A A A
Geger petinju transgender guncang ring tinju wanita Olimpiade Paris 2024 memicu amarah publik tinju dunia. Kehebohan dimulai ketika petinju transgender Imane Khelif dari Aljazair menghajar rivalnya, Angela Carini, asal Italia dan memicu kemarahan dunia.

Setelah Imane Khelif, petinju transgender Lin Yu-Ting memicu kegaduhan kedua setelah memenangkan pertarungan di Olimpiade Paris 2024 saat lawannya meninggalkan ring sambil menangis. Lin Yu-Ting meraih kemenangan angka mutlak dalam pertandingan pembuka Olimpiade - tanpa kontroversi yang ekstrem akibat penghentian yang dilakukan oleh petinju Aljazair, Imane Khelif.



Baik Lin maupun Khelif didiskualifikasi dari Kejuaraan Dunia tahun lalu di New Delhi setelah gagal dalam tes kelayakan gender - namun diberi lampu hijau oleh IOC untuk bertarung di Paris. Dan Khelif memicu perdebatan global ketika lawannya dari Italia, Angela Carini, berhenti setelah 46 detik pertandingan kelas welter.

Tidak ada pertarungan yang begitu mengerikan antara petinju kelas bulu berusia 28 tahun, Lin, dan Sitora Turdibekova dari Uzbekistan - meskipun Lin memenangkan ketiga ronde, dua di antaranya dengan angka mutlak - meskipun lawannya terlihat meninggalkan ring sambil menangis.
Lin telah dikalahkan 14 kali dalam kariernya dan hanya mencetak satu KO dalam 54 pertandingan. Seperti Khelif,

Lin didiskualifikasi dari Kejuaraan Dunia tahun lalu di New Delhi karena gagal dalam tes jenis kelamin yang tidak ditentukan. Kejuaraan Dunia 2023 diselenggarakan oleh Asosiasi Tinju Internasional (IBA) yang dipimpin oleh Rusia.

Dengan IBA yang tercemar tidak lagi diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) sebagai badan pengatur dunia tinju, Khelif dan Lin diizinkan untuk bertanding di Paris 2024. IBA belum mengklarifikasi mengapa kedua petinju tersebut gagal dalam tes gender, yang menyebabkan Lin dicopot.

Setelah mengakhiri kontes dengan tiba-tiba, atlet Italia itu menolak untuk mengakui lawannya sebelum berlutut sambil menangis. Kemudian, saat berbicara dalam bahasa Italia, Carini mengungkapkan bahwa ia "tidak pernah merasakan pukulan seperti itu". Ia menambahkan bahwa ia berada di sana untuk "menghormati ayahnya dan mewakili negaranya" - dan bahwa ia merasa "patah hati".
(aww)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1438 seconds (0.1#10.140)