Malaysia Menjiplak Strategi Timnas Indonesia, Cari Lawan Top 100 Ranking FIFA

Kamis, 08 Agustus 2024 - 16:01 WIB
loading...
Malaysia Menjiplak Strategi...
Malaysia Menjiplak Strategi Timnas Indonesia, Cari Lawan Top 100 Ranking FIFA. Foto: FAM Malaysia
A A A
KUALA LUMPUR - Langkah Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang menghadapi tim peringkat 100 besar FIFA bikin Malaysia kepincut. Wakil Presiden FAM, Mohd Firdaus Mohamed, mengusulkan agar cara Timnas Indonesia itu bisa dilakukan oleh mereka di kemudian hari.

Harimau Malaya -julukan Timnas Malaysia- bakal berlaga di ajang Pestabola Merdeka 2024, turnamen yang bertepatan pada FIFA Matchday September. Pada ajang itu, mereka mengundang Tajikistan, Filipina, dan Lebanon.

Pestabola Merdeka sendiri merupakan turnamen tertua di Asia. Mohd Firdaus pun ingin ajang tersebut naik pamornya. Untuk mencapai hal itu, dia pun mengusulkan agar ke depan FAM bisa mengundang tim-tim level atas dunia untuk menghadapi Malaysia.

Firdaus memberi usul seperti itu karena melihat apa yang telah Timnas Indonesia lakukan. Seperti kita tahu, Skuad Garuda pernah mengambil gebrakan dengan mendatangkan kampiun Piala Dunia 2022, yakni Argentina. Menurutnya dengan melawan tim kuat, maka akan berdampak bagus juga pada Harimau Malaya.

“Kita berharap suatu hari nanti FAM akan berpikir ke arah sana, karena kalaupun kita menang dari segi koleksi ranking, tidak akan naik sebanyak itu,” kata Firdaus, melansir dari Harian Metro, Kamis (8/8/2024).

“Jadi kita harus berani pendekatannya. Kalau kita lihat Indonesia sekarang berani main dengan tim seperti juara dunia Argentina. Itu eksposur yang membuat pemain kita bisa mendapatkan sesuatu,” sambungnya.

Firdaus yakin hal itu bisa terjadi karena Presiden FAM, Datuk Hamidin Mohd Amin turut menjabat sebagai anggota Exco FIFA. Menurutnya, Hamidin mampu membujuk tim-tim terbaik dunia untuk datang ke Malaysia untuk bermain di kompetisi Pestabola Merdeka.

“Kami berada di bawah (peringkat) 100 ke bawah, sangat tidak mungkin tim yang lebih baik bermain bersama kami. Tetapi saya yakin dan yakin dengan kewenangan Presiden sebagai Exco FIFA untuk mencari tim yang lebih baik,” tuturnya.

“Bagi saya, ini bukan soal rangking atau juara, tapi eksposur ke timnas lebih penting. Saya berharap ke depan bisa menemukan tim yang lebih baik, mungkin 100 terbaik dunia,” tambah Firdaus.

Adapun Pestabola Merdeka 2024 rencananya akan berlangsung pada 4 dan 8 September mendatang di Stadion Bukit Jalil. Di semifinal, Malaysia bertemu Filipina, sementara Lebanon akan berhadapan dengan Tajikistan. Pemenang dua laga tersebut akan bertarung di final, begitu pula yang kalah.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1044 seconds (0.1#10.140)