Yenny Wahid Singgung Mental Juara Veddriq Leonardo: Dia Langganan Naik Podium

Jum'at, 09 Agustus 2024 - 12:00 WIB
loading...
Yenny Wahid Singgung...
Atlet panjat tebing Veddriq Leonardo memenangkan emas pertama bagi Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Foto: NOC Indonesia/Naif Muhammad Alas
A A A
JAKARTA - Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo, berhasil meraih medali emas Olimpiade Paris 2024 . Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid, menilai Veddriq memang memiliki mental juara.

Veddriq meraih medali emas usai mengalahkan Wu Peng asal China di partai final nomor speed putra yang berlangsung di Le Bourget Climbing Venue, Paris, Prancis, Kamis (8/8/2024) kemarin. menang dengan catatan waktu 4,75 detik. Sedangkan Wu Peng meraih waktu 4,77 detik yang berselisih 0,02 detik.

Pencapaian itu mendapat apresiasi setinggi langit dari Yenny, selaku Ketum FPTI. Wanita berusia 49 tahun itu mengakui Veddriq punya mental juara dengan bukti prestasinya sangat stabil dan membanggakan di beberapa kompetisi bergengsi panjat tebing dunia.

"Veddriq ini memang luar biasa. Dia memulai sejak lama, secara mental dia mental juara,” ujar Yenny, mengutip dari situs Kemenpora, Jumat (9/8/2024).



“Di kejuaraan dunia yang kita kirim dia hampir selalu di podium dan dia prestasinya, mentalnya stabil memang mental dia mental juara," sambungya.

Yenny yang menyaksikan langsung perjuangan Veddriq mengungkapkan euforia yang ada di Le Bourget Climbing Venue sangat luar biasa. Terlebih, ketika lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Kata dia, banyak pendukung Indonesia yang tak kuasa menahan air mata.

“Euforianya luar biasa sekali, banyak sekali suporter Indonesia tidak kuasa menahan air mata karena terharu, apalagi saat lagu Indonesia Raya diperdengarkan di hadapan publik dunia dan apalagi saat Merah Putih dikibarkan suasananya luar biasa sekali,” ungkap politisi Partai Kedaulatan Bangsa (PKB) tersebut.

Pencapaian Veddriq sekaligus mencetak sejarah dengan membuat cabor panjat tebing untuk pertama kalinya mempersembahkan medali untuk Indonesia di Olimpiade. Bahkan untuk saat ini, Veddriq menjadi satu-satunya atlet panjat tebing Indonesia yang berhasil menyumbangkan medali untuk Merah Putih di ajang empat tahun itu.

Medali emas Veddriq juga menjadi medali emas pertama yang didapat Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Faktanya, medali tersebut menjadi pelecut semangat untuk Rizki Juniansyah. Sebab, Rizki juga berhasil menyumbang medali emas lewat cabor angkat besi.

Untuk saat ini, Indonesia total mengemas dua medali emas dan satu perunggu di Olimpiade Paris 2024. Adapun medali perunggu disumbang oleh Gregoria Mariska Tunjung lewat cabor bulu tangkis nomor tunggal putri.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)