alexametrics

Jelang Grand Prix Inggris 2019

Fakta Menarik Jelang MotoGP Inggris 2019

loading...
Fakta Menarik Jelang MotoGP Inggris 2019
Andrea Dovizioso bakal membawa Mission Winnow Ducati sebagai tim pabrikan kelima yang membukukan 50 kemenangan saat tampil di Grand Prix Inggris, Minggu (25/8/2019) malam WIB / Istimewa
A+ A-
SILVERSTONE - Andrea Dovizioso bakal membawa Mission Winnow Ducati sebagai tim pabrikan kelima yang membukukan 50 kemenangan saat tampil di Grand Prix Inggris, Minggu (25/8/2019) malam WIB. Pertempuran perebutan podium pertama pun dipastikan bakal seru mengingat Marc Marquez bakal menganggu rencana tersebut.

Dovizioso saat ini berada di peringkat kedua dengan raihan 172 poin atau tertinggal 58 angka dari pimpinan klasemen pembalap sementara Marquez. Keunggulan satu angka tersebut lebih sedikit ketimbang yang terjadi di musim lalu ketika The Baby Alien unggul 59 poin dari Valentino Rossi pasca balapan di Grand Prix Austria.

Dovizioso berhasil memangkas poin setelah ia memenangkan duel melawan Marquez di Sirkuit Red Bull Ring. Kemenangan yang diraih Dovi di Austria merupakan yang ke-49 untuk Ducati di kelas utama. Karena itu, pembalap asal Italia tersebut bertujuan untuk menggenapi torehan 50 kemenangan Ducati di Silverstone dan menjadikan tim yang bermarkas di Borgo Panigale, Bologna, sebagai tim pabrikan kelima yang mengoleksi kemenangan terbanyak di kelas elit.



Honda menempati posisi teratas sebagai tim pabrikan yang mengoleksi kemenangan terbanyak di kelas utama dengan 303 kemenangan. Di peringkat kedua hingga keempat dihuni Yamaha (228), MV Agusta (139) dan Suzuki (92).

"Tidak ada yang memberi Anda lebih banyak kepuasan dan kepercayaan diri selain kemenangan, dan karenanya kami datang ke Silverstone dengan moral kita yang setinggi langit." kata Dovizioso.

Pertempuran inilah yang bakal seru. Namun sebelum terlalu jauh membahas mengenai hal tersebut tak ada salahnya untuk mengintip apa saja fakta menarik yang bakal terjadi pada akhir pekan ini.

Berikut Fakta Menarik

1. Sirkuit Silverstone telah menjadi tuan rumah di Grand Prix Inggris selama 10 tahun secara beruntun.

2. Kork Ballington dan Angel Nieto adalah dua pembalap dengan kemenangan GP terbanyak di Silverstone, dengan masing-masing mengoleksi enam kemenangan.

3. Sejak Silverstone terpilih sebagai tuan rumah pada 2010, hanya da tiga pembalap yang memenangkan balapan. Mereka adalah Jorge Lorenzo, Marc Marquez dan Maverick Viñales.

4. Lorenzo telah memenangkan perlombaan MotoGP di sana tiga kali: 2010, 2012 & 2013; Marquez memenangkan balapan 125cc pada 2010 dan balapan MotoGP pada 2014; Viñales memenangkan balapan Moto3 pada 2012 dan balapan MotoGP pada 2016.

5. Sejak balapan Grand Prix Inggris pertama kali digelar pada 1977, Yamaha adalah pabrikan paling sukses dengan tujuh kemenangan. Empat di MotoGP: Jorge Lorenzo (2010, 2012 dan 2013) dan satu dengan Valentino Rossi (2015).

6. Honda telah memiliki lima kemenangan di Silverstone termasuk dua di kelas MotoGP sejak 2010 dengan Casey Stoner (2011) dan Marc Marquez (2014).

7. Tim Suzuki meraih lima kemenangan selama tampil di Silversone. Terakhir kali terjadi pada 2016 lalu ketika Maverick Vinales memberi Suzuki kemenangan pertamanya di kelas elite sejak Le Mans 2007 lalu.

8. Tim Ducati tercatat baru sekali mengamankan kemenangan di Silverstone dan itu terjadi pada 2017 lewat aksi Andrea Dovizioso.
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak