Roy Jones Jr Dikalahkan Petinju Korea Jadi Skandal Terbesar Tinju Olimpiade

Sabtu, 10 Agustus 2024 - 10:41 WIB
loading...
Roy Jones Jr Dikalahkan...
Roy Jones Jr dirampok medali emasnya menjadi skandal terbesar di ring tinju Olimpiade setelah dikalahkan petinju Korea Selatan / Foto: The Daily Beast
A A A
Roy Jones Jr dirampok medali emasnya menjadi skandal terbesar di ring tinju Olimpiade setelah dikalahkan petinju Korea Selatan. Dari amplop berisi uang tunai hingga pejabat yang disuap, bagaimana para juri culas merampas emas Olimpiade dari Roy Jones Jr.

Bocoran yang mengejutkan mengungkap tingkat korupsi yang mengejutkan. Dari amplop berisi uang tunai hingga para juri yang curang yang membuat Roy Jones Jr dirampok medali emasnya dalam skandal terbesar yang pernah terjadi di dunia tinju Olimpiade.

Jones, yang baru berusia 19 tahun saat itu, melenggang ke final kelas menengah ringan tahun 1988 di Seoul untuk menghadapi petinju tuan rumah, Park Si-Hun. Dan dia terlihat sangat mudah mengalahkan petinju Korea Selatan, Park, dengan mendaratkan 86 pukulan berbanding 32 pukulan yang dilancarkan lawannya.



Dua kali berdiri dengan delapan hitungan seharusnya sudah memastikan kemenangan Jones dan medali emas Olimpiade - namun ternyata tidak demikian.
Karena hanya dua dari lima juri yang memberikan nilai untuk atlet Amerika ini - yang membuat para penonton merasa jijik.

Setelah hasil yang mengejutkan itu dibacakan, wasit asal Italia, Aldo Leoni, dikatakan berbisik kepada Jones: "Saya tidak percaya mereka melakukan ini padamu."

Bob Kasule dari Uganda, Alberto Duran dari Uruguay dan Hiouad Larbi dari Maroko secara memalukan memberikan kemenangan bagi Park. Dan dalam sebuah pengakuan sensasional setelah pertandingan, Larbi yang berasal dari Maroko mengakui bahwa ia sengaja memberikannya kepada Park untuk menghindari pemutihan yang memalukan.



Larbi mengatakan: "Atlet Amerika itu menang dengan mudah; sangat mudah, pada kenyataannya, bahwa saya yakin keempat rekan juri saya akan memberi nilai untuk atlet Amerika itu dengan selisih yang lebar."

"Jadi saya memilih petinju Korea itu untuk membuat skor hanya 4-1 bagi petinju Amerika dan tidak mempermalukan negara tuan rumah."
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)