Yenny Wahid Minta Panjat Tebing Lebih Diperhatikan: Jangan Cuma Ucapan

Minggu, 11 Agustus 2024 - 04:04 WIB
loading...
Yenny Wahid Minta Panjat...
Yenny Wahid Minta Panjat Tebing Lebih Diperhatikan. Foto: Kemenpora/Raiky
A A A
PARIS - Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia ( FPTI ), Yenny Wahid, melontarkan kode untuk meminta bonus setelah atletnya, Veddriq Leonardo, berhasil menyabet medali emas di Olimpiade 2024. Dia berharap tak hanya sekadar ucapan selamat yang didapatnya dan Veddriq setelah pulang ke Indonesia.

Terlebih lagi menurutnya, prestasi yang didapat Veddriq tidaklah main-main, melainkan gelar juara di pesta olahraga terakbar di dunia. Hal itu diungkapkannya dalam konferensi pers secara daring dari Paris, Prancis, Sabtu (10/8/2024).

"Karena ini ajangnya adalah ajang Olimpiade, nanti kalau sudah pulang ke Indonesia, karena ajangnya bukan ajang kawinan, kita harapkan bukan cuma ucapan yang kita dapatkan," kata Yenny.

Veddriq berhasil menyabet medali emas Olimpiade 2024 di cabang olahraga (cabor) panjat tebing nomor speed putra dalam final yang digelar pada Kamis, 8 Agustus 2024 lalu di Le Bourget Climbing Venue, Paris, Prancis. Dia menjadi juara setelah mengalahkan wakil China, Wu Peng, di partai puncak dengan waktu 4,75 detik, unggul 0,02 detik saja dari rivalnya itu.

Ini menjadi kali pertama nomor speed cabor panjat tebing dipertandingkan secara terpisah di ajang Olimpiade. Sebelumnya sampai Tokyo 2020 lalu, nomor speed masih disatukan dengan dua nomor lainnya yakni lead dan boulder.

Kesuksesan Veddriq pun membuahkan medali emas pertama dari cabor panjat tebing untuk Indonesia dalam ajang empat tahunan itu. Yenny pun sangat bangga dengan prestasi atlet asal Pontianak itu karena telah menorehkan sejarah dalam dunia olahraga Tanah Air di pentas internasional.

"Buat kita ini sebuah momen yang sangat bersejarah, karena ini buat panjat tebing, menjadi pertama yang dipertandingkan di Olimpiade. Kemudian atlet kita bisa bertanding, malah Veddriq pertama bertanding bisa mempersembahkan medali emas,” jelas Yenny.

"Untuk catatan kita semua, Veddriq memberikan hadiah luar biasa untuk Indonesia, karena catatan waktunya angkanya (4,75 detik), kalau digabungkan itu angkanya 79, jadi angka untuk HUT RI yang ke-79," pungkasnya.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)