6000 Pelari Siap Meriahkan Tiket.com Kudus Relay Marathon 2019

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:30 WIB
6000 Pelari Siap Meriahkan Tiket.com Kudus Relay Marathon 2019
6000 Pelari Siap Meriahkan Tiket.com Kudus Relay Marathon 2019
A A A
KUDUS - Sukses pada penyelenggaraan perdana di tahun 2018, Tiket.com Kudus Relay Marathon akan kembali digelar di Kudus, Jawa Tengah pada Minggu 25 Agustus 2019. Sebanyak 6000 peserta telah mendaftarkan diri di acara tahun ini.

Ribuan perserta tersebut akan berpartisipasi di lima kategori yakni Relay Marathon, Half Marathon, 10 kilometer, 5 kilometer, dan Kids Fun Run. Jumlah peserta ini meningkat dari tahun lalu yakini 5.500 pelari di seluruh kategori.

Chief People Tiket.com Dudi Arisandi mengatakan, 6000 peserta tidak hanya berlari, tapi juga disuguhi keindahan kota Kudus. Mereka akan berlari dengan rute yang membuat para peserta bisa menikmati berbagai macam tempat-tempat bersejarah yang ada di Kota Kudus.

Dudi juga mengatakan, meningkatnya peserta Tiket.com Kudus Relay Marathon di tahun ini merupakan bukti bahwa masyarakat sangat menggemari kegiatan olahraga khusunya lari.

"Meningkatkan jumlah peserta ini merupakan kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan Tiket.com Kudus Relay Marathon yang sudah digelar sejak tahun lalu," kata Dudi.

Dudi melanjutkan, selain mengangkat Kudus sebagai kota penyelenggara perhelatan olahraga bergengsi ini, gelaran acara yang mengusung sport tourism ini juga dimaksudkan mendongkrak sisi pariwisata dan ekonomi warga sekitar.

Ia juga berharap ribuan pelari yang berpartisipasi di Tiket.com Kudus Relay Marathon 2019 membawa pulang kenangan manis dan kelak kembali lagi ke kota ini untuk mengenal lebih jauh kultur budaya dan keramahan kota Kretek.

"Saya berharap penyelenggaraan Tiket.com Kudus Relay Marathon 2019 bisa berdampak luas tidak hanya dari sektor olahraga sebagai pesta rakyat tetapi juga dari sisi pariwisatanya," tutupnya

D&D Race Management selaku Race Director Darditiyo Santoso mengatakan, rute perlomba akan menyusuri jalan-jalan utama di Kota Kudus, dengan melewati ikon-ikon kota Kudus, yakni Scuplture Super Smash, Monumen Kretek Indonesia, dan Gerbang Kudus Kota Kretek.

Lokasi start dan finish berada di alun-alun Simpang Tujuh, Kudus. Mengingat cuaca Kudus yang cukup terik, maka panpel mengkondisikan satu water station setiap 2 km.

"Untuk peserta sendiri, diharuskan berusia lebih dari 15 tahun dan satu tim harus terdiri dari empat pelari, dengan minimal satu gender yang berbeda," terang Didit, panggilan akrab Darditiyo saat memberikan keterangan pers.

Para peserta Tiket.com Kudus Relay Marathon 2019 akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp189 juta dari seluruh kategori. Tahun ini akan ada hadiah sepesial khusus untuk kategori Relay Marathon.
6000 Pelari Siap Meriahkan Tiket.com Kudus Relay Marathon 2019

Selain mendapatkan medali finisher berbentuk puzzle, untuk para peserta yang berhasil menembus garis finis dengan catatan waktu cut off atau 55 menit atau total 220 menit dihitung dari gun time di awal lomba berkesempatan memenangkan undian mengikuti Standard Chartered Singapore Marathon 2019.

Plt. Bupati Kudus, HM. Hartopo menyambut baik penyelenggaraan Tiket.com Kudus Relay Marathon yang pada tahun ini memasuki tahun kedua. Menurutnya, event besar ini diyakini mampu mengangkat Kudus sebagai sport tourism city dan menjadi tujuan wisata, baik bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

“Melalui event ini, kami mengharapkan Kudus dapat menjadi referensi kunjungan bagi wisatawan, karena Kudus memiliki banyak kekhasan baik dari sisi pariwisata, kuliner maupun UMKM nya. Misalnya saja, dari sisi wisata, Kudus memiliki wisata religi di mana terdapat dua makam Wali Songo yaitu Sunan Kudus dan Sunan Muria.

Sementara dari sisi kuliner, Kudus mempunyai makanan khas andalan seperti Soto Kerbau, Sate Kerbau, Jenang hingga Lentog. Sementara itu, dari sisi budaya, Kudus juga memiliki banyak sekali wisata budaya mulai dari tari-tarian tradisional hingga kerajinan bordir dan batik. Hal ini tentunya akan menambah nilai jual Kudus di mata wisatawan nasional dan internasional,” tutur Hartopo.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8027 seconds (0.1#10.140)