alexametrics

Tiket.com Kudus Relay Marathon 2019

Ribuan Pelari Kudus Relay Marathon 2019 Disambut Antusiasme Warga

loading...
Ribuan Pelari Kudus Relay Marathon 2019 Disambut Antusiasme Warga
Kejuaraan lari bertajuk Tiket.com Kudus Relay Marathon (TKRM) 2019 sukses digelar di Kota Kudus, Jawa Tengah, pada Minggu (24/08/2019) dengan flag off pada pukul 05.00 pagi. Foto: IST
A+ A-
KUDUS - Kejuaraan lari bertajuk Tiket.com Kudus Relay Marathon (TKRM) 2019 sukses digelar di Kota Kudus, Jawa Tengah, pada Minggu (24/08/2019) dengan flag off pada pukul 05.00 pagi. Ini merupakan kali kedua Kudus menjadi tuan rumah kejuaraan relay marathon, yang terinspirasi dari Ekiden, lomba lari estafet beregu yang populer di Jepang.

Menyusuri rute yang melewati berbagai tempat dengan keunikan budaya khas Kudus, Tiket.com Kudus Relay Marathon diikuti sebanyak 6.000 pelari di lima kategori race yakni, Relay Marathon (42,195 kilometer), Half Marathon (21,1 kilometer), 10K, 5K, dan Kids Fun Run.

Kondisi cuaca yang cerah, trek yang mengedepankan keamanan pelari, serta ketersediaan water station yang melimpah, ikut memudahkan para peserta sukses menembus garis finish yang berada di Alun-alun Simpang Tujuh, Kudus.



Dukungan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Kudus dan masyarakat setempat juga memiliki andil besar dalam kesuksesan dan kemeriahan Tiket.com Kudus Relay Marathon 2019 ini.

Ribuan pelari disambut antusiasme ratusan siswa-siswi dari berbagai jenjang pendidikan dari mulai taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), hingga sekolah menengah atas (SMA). Para siswa tidak hanya memberikan semangat, mereka juga menampilkan sejumlah atraksi dan kesenian khas Kudus.

Berkat dukungan masyarakat sekitar, para pelari di masing-masing kategori berhasil meraih prestasi cemerlang. Di kategori utama, Relay Marathon, juara I berhasil diraih oleh oleh kelompok Team Djarun Kenjcak asal Lumajang, Jawa Timur.

Mereka terdiri dari Sutikno, Robby Kurniawan, Dedy Yusuf, dan Eva Yunita. Jarak 42,195 kilometer berhasil ditempuh para pelari yang berasal dari satu komunitas di Lumajang ini dalam waktu 02:36:27. Catatan waktu terbaik ini membuat mereka meraih hadiah utama senilai Rp 28 juta.

Di kategori Half Marathon Male juara berhasil diraih oleh Maji Suranto yang mencetak waktu 01:17:55. Sedangkan di Half Marathon Female waktu tercepat 01:32:52 diraih oleh Risa W Wijayanti. Dengan demikian keduanya berhasil meraih hadiah masing-masing sebesar Rp 13 juta.

Selanjutnya untuk kategori 10K Male juara pertama diraih oleh Ricky Robin S Nababan dengan raihan waktu 00:35:48, kemudian di 10K Female juara diraih Yanitasari Yanita dengan catatan waktu 00:40:46. Mereka masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp 6,5 juta.
Berikut ini rincian podium dari Tiket.com Kudus Relay Marathon 2019.

Dedy Yusuf, salah satu anggota dari Team Djarun Kenjcak merasa gembira atas catatan waktu yang diraih timnya dan menjadi juara I Tiket.com Kudus Relay Marathon. Ia mengatakan, timnya telah mempelajari secara khusus format relay marathon. Mereka berupaya mengatur strategi dalam lomba lari di Kota Kudus ini.

“Kami satu tim berasal dari komunitas lari di Lumajang. Sering kumpul dan latihan bareng. Alhamdulillah, kami senang sekali bisa menjadi juara Tiket.com Kudus Relay Marathon,” ujarnya.

Lebih lanjut Dedy menjelaskan, porsi latihan endurance menjadi salah satu prioritas timnya jelang perhelatan Relay Marathon. “Kami fokus maksimalkan latihan endurance, rutin di setiap sesi latihan, katanya. “Selain menggenjot tiga pelari pria, mengatur strategi yang pas bagi satu pelari wanita yang ada di tim, juga menjadi perhatian kami, Dedy menambahkan.

Lebih lanjut, upaya meningkatkan Kudus sebagai kota sport tourism melalui Tiket.com Kudus Relay Marathon juga dilakukan dengan mengundang sejumlah legenda bulutangkis Indonesia untuk hadir menyemarakkan acara ini. Diantaranya, Hastomo Arbi, Hariyanto Arbi, Alan Budi Kusuma, Eddy Hartono, Christian Hadinata, Lius Pongoh, Sigit Budiarto, Denny Kantono, Rudy Herjanto Saputra, Kartono Hari Atmanto, Fung Permadi, Liliyana Natsir, Ivana Lie, hingga Liem Swie King. Kehadiran para atlet semakin menambah cita rasa Kota Kudus yang selama ini juga dikenal sebagai kota yang banyak menghasilkan legenda karena keberadaan klub PB Djarum.

Tak hanya hadir dan memberikan semangat bagi para pelari, salah satu legenda bulutangkis Indonesia, Liliyana Natsir, juga ambil bagian sebagai runner di Tiket.com Kudus Relay Marathon 2019. Atlet yang baru saja gantung raket di awal tahun 2019 ini terjun di kategori 5K.
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak